2472 Mahasiswa FTK Ikuti PPL

  • Admin Humas
  • Selasa, 01 Oktober 2019
  • 4081 Tampilan
Dekan FTK Prof. Dr. Nirva Diana, M.Pd sampaikan sambutan pada pembekalan PPL 2019.

Sebanyak 2472 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung akan mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada 7 Oktober – 25 November 2019.

Demikian disampaikan Ketua panitia, Dr Achi Renaldi, dalam laporan pada pembekalan PPL di GSG UIN, Selasa (1/10).

Dari jumlah tersebut, pembagian mahasiswa dari setiap Prodi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 375 mahasiswa; Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 221; Manajemen Pendidikan Islam (MPI) 198; Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) 236; Pendidikan Matematika 252; Pendidikan Biologi 246; Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam (BKPI) 259; Pendidikan Fisika 121; Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) 189; dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 375.

Mahaiswa PPL akan tersebar di 135 sekolah yang terdiri dari TK/PAUD  20, SD/MI 26, SMP/Tsanawiyah 48, SMK 14, dan SMA/Aliyah 27 di kota bandar Lampung dan sekitarnya.

Pimpinan dan dosen FTK pada pembekalan PPL 2019.

Kemudian ada 135 dosen pembimbing lapangan (DPL) yang akan mendampingi mahasiwa PPL. Pembekalan tersebut berlangsung selama 2 hari, 1-2 Oktober, dan diisi oleh dosen-dosen FTK.

Dekan FTK Prof Dr Nirva Diana MPd dalam sambutannya menyampaikan, PPL ini merupakan kegiatan intrakurikuler. “Ini harus ditempuh mahasiswa FTK. Untuk mengimplementasikan teori yang didapat di bangku kuliah,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, tidak semua prodi di FTK praktik mengajar. “Prodi MPI lebih ke manajemen (sekolah) dan BKPI lebih diarahkan sebagai guru bimbingan dan konseling,” terang Prof Nirva.

Dekan FTK ini juga menjelaskan bahwa PPL sebagai syarat mendapatkan surat keterangan pendamping ijazah (SKPI). Menurutnya, PPL ini juga untuk menguji profesionalitas mahasiwa FTK dalam bidang pendidikan dan keguruan.

Foto bersama pimpinan, dosen, dan mahasiswa peserta PPL 2019.

Kepada mahasiswa FTK, Prof Nirva berpesan agar mahasiswa memiliki 4 kompetensi. Kompetensi tersebut yaitu, kompetensi sosial, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, serta kompetensi kepemimpinan dan religiusitas.

“Berikan yang terbaik dari kita. Guru ini profesi yang menuntut profesionalitas. Tunjukkan kalo kita adalah guru yang patut ditiru dan dipilih,” tambah Prof Nirva kepada mahasiswa peserta PPL. (NF/HI)