8 Mahasiswa UIN RIL Lolos Program Pejuang Muda Kampus Merdeka

  • Admin Humas
  • Minggu, 07 November 2021
  • 1218 Tampilan
Logo Kampus Merdeka dan Pejuang Muda.

Delapan mahasiswa UIN Raden Intan Lampung (RIL) berhasil lolos seleksi program Pejuang Muda sebagai implementasi dari kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan Kemendikbud bersama dengan Kemensos dan Kemenag.

Pejuang Muda merupakan laboratorium sosial bagi para mahasiswa mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya untuk memberi dampak sosial secara konkret. Melalui Program setara 20 SKS ini, mahasiswa akan ditantang untuk belajar dari warga sekaligus berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, pemuka masyarakat, tokoh agama setempat serta seluruh stakeholder penggerak sosial di daerah.

Program Pejuang Muda dijalankan berdasarkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT). Program ini digagas, dirancang dan dilaksanakan untuk memberi kebebasan kepada perguruan tinggi, dosen dan mahasiswa untuk menyelenggarakan dan memilih bidang perkuliahan sesuai minat dan kebutuhan.

Pihak kampus nantinya juga harus memfasilitasi mahasiswa untuk boleh mengambil perkuliahan 3 semester di luar prodinya. Rinciannnya, maksimal 2 semester atau setara 40 sks di luar perguruan tinggi, dan maksimal 1 semester atau 20 sks di luar prodinya tapi masih dalam perguruan tinggi yang yang sama.

Berdasarkan jadwal, kedelapan mahasiswa yang lolos UIN sudah mengikuti tahapan pendaftaran pada 18-30 September 2021, seleksi 1-12 Oktober 2021, dan pembekalan 13-22 Oktober 2021. Delapan mahasiswa ini akan diterjunkan ke berbagai bidang dan daerah di Indonesia

Kedelapan mahasiswa tersebut atas nama Agung Laksana Prodi Perbankan Syariah, Slamet Hariyanto Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Hany Giantari Prodi Pengembangan Masyarakat Islam, Rafli Dwi Safitra Prodi Hukum Tata Negara Evin Luthfiyah, serta Fahrul Siddiq, Triyana Dea Sari, dan Gita Permata S dari Prodi Bimbingan Islam. (Rls-NF/HI)