85 Mahasiswa UIN RIL Ikuti KKN Non Reguler

  • Admin Humas
  • Jumat, 21 Juni 2024
  • 127 Tampilan
blank
Rektor beserta jajaran bersama 85 peserta KKN Non Reguler

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD melepas 85 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Non Reguler. Pelepasan dan pembekalan ini berlangsung di Teater Room Lt.2, Jumat (21/06/2024).

Pelepasan ini disaksikan oleh Wakil Rektor III, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), para Dekan dan Wakil Dekan, beserta Kepala Pusat di bawah naungan LP2M.

Dalam sambutannya, Rektor membangun kesadaran mahasiswa dalam mewujudkan visi UIN RIL, yaitu sebagai rujukan internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035.

KKN Non Reguler menjadi salah satu wujud nyata pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa UIN RIL.

“Kita memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi rujukan internasional. Hal ini tentu ditopang oleh misi, rencana strategis dan program-program dari setiap unit di kampus hijau ini. Salah satu misinya yaitu menyelenggarakan pengabdian berbasis riset untuk kepentingan pengembangan masyarakat dan lingkungan,” tuturnya.

blank
Rektor saat memberikan arahan dan sambutan

Rektor berpesan kepada para mahasiswa agar dapat berkontribusi, berpikir kritis, berkolaborasi, berkreatifitas, dan berinovasi di tengah-tengah masyarakat. Tak hanya itu, mahasiswa juga dituntut untuk menunjukkan jati diri sebagai insan ber-ISI (Intellectuality, Spirituality, dan Integrity) selama mengabdi kepada masyarakat.

Ketua LP2M, Prof Dr H A Kumedi Ja’far MH, dalam laporannya mengatakan, 85 mahasiswa KKN Non Reguler terdiri dari 7 skema.

Pertama, KKN Siger Berjaya 24 orang, yang merupakan KKN kolaborasi Perguruan Tinggi Se-provinsi Lampung. KKN ini akan dilaksanakan pada 25 Juni—awal Agustus 2024 di Kabupaten Tanggamus.

KKN Melayu serumpun 10 orang, diikuti oleh PTKIN se-Sumatera, yang akan dilaksanakan pada 15 Juli—25 Agustus  2024 di IAIN Langsa, Aceh.

Kemudian, KKN Moderasi Beragama 5 orang, diikuti oleh PTKN se-Indonesia, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada 15 Juli—25 Agustus 2024 dengan penyelenggara Diktis Kemenag dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

KKN Kebangsaan 5 orang, diikuti oleh Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia, yang akan dilaksanakan di Provinsi Maluku, pada 22 Juli—22 Agustus dengan penyelenggara Dikti Kemendikbudristek dan Universitas Pattimura Ambon.

Sementara KKN Non-Reguler yang dilakukan secara mandiri diantaranya, 

KKN Kolaborasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung diikuti 7 mahasiswa, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat pada pertengahan Juli 2024.

KKN Kolaborasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diikuti 14 mahasiswa, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta pada pertengahan Juli 2024.

blank
Pelepasan secara simbolis ditandai dengan penyematan jaket kepada peserta KKN Non Reguler oleh Rektor

Serta KKN Internasional diikuti 20 mahasiswa, yang dilaksanakan di Malaysia dan Thailand, pada Bulan Agustus 2024.

Mengingat para mahasiswa akan bertemu masyarakat dan mahasiswa dari berbagai daerah, Prof Kumedi berpesan agar mereka pandai beradaptasi dengan baik. Serta mempelajari adat istiadat daerah lokasi mereka mengabdi.

Usai pelepasan, acara dilanjutkan dengan pembekalan mahasiswa KKN Non Reguler. 

Adapun narasumber yang dihadirkan diantaranya,  Istiqomah Nur Rahmawati dari International Office UIN RIL dengan materi Cara Beradaptasi dan Merespon Culture Shock di Tempat dan Lingkungan Baru.

Selanjutnya, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) Dr Eko Kuswanto MSi menjelaskan mengenai Pengabdian dan Metodologinya. Tim Humas UIN RIL juga turut sharing mengenai Penulisan Berita dan juga materi Fotografi dan Videografi melalui Smartphone. (An/AH)