Ada yang Istimewa di Wisuda Periode I 2024 UIN RIL

  • Admin Humas
  • Sabtu, 02 Maret 2024
  • 543 Tampilan
blank
Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z PhD saat memberikan sambutan.

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Terdapat hal-hal istimewa dan berbeda pada Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode I Tahun 2024. Hal ini disampaikan oleh Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, Sabtu (02/03/2024).

“Wisuda Periode I ini ada hal yang berbeda dan terasa istimewa. Kita buat tradisi baru, dengan membagikan ijazah secara langsung kepada wisudawan tepat pada prosesi wisuda di hari yang sama,” ungkap Rektor.

Sebagai wujud nyata dalam memberikan pelayanan yang maksimal serta prima, Rektor mengapresiasi bagian Akademik UIN RIL dan pihak terkait yang telah merealisasikan hal tersebut. “Terimakasih kepada bagian Akademik UIN Raden Intan Lampung yang telah cekatan dan sigap untuk merealisasikan dalam memberikan pelayanan secara maksimal,” ujar Rektor.

Tak hanya itu, Rektor beserta jajaran dan para senator menggunakan jubah dan toga terbaru dengan sentuhan elemen Lampung pada untaian kain kebesaran UIN RIL.

blank

“Kami mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan- wisudawati. Anda menjadi sarjana, magister dan doktor pilihan dan istimewa dalam wisuda saat ini. Kepada para orang tua dan wali wisudawan/wisudawati kami ucapkan terimakasih atas kepercayaan Bapak/Ibu dalam menitipkan putra putrinya untuk menggali ilmu dan nilai-nilai kehidupan yang baik di kampus ini,” ucap Rektor.

Pada saat ini UIN Raden Intan lampung, memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh anggota masyarakat baik yang tinggal provinsi Lampung, di luar provinsi Lampung bahkan kepada masyarakat internasional untuk menempuh pendidikan tinggi di UIN Raden Intan Lampung, tuturnya. 

Kesempatan tersebut dapat ditempuh melalui jalur SPAN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional) yang dikelola oleh Kementerian Agama dan SNBP (Seleksi Nasional/ Berdasarkan Prestasi) yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek atau melalui Jalur UMPTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) dan Jalur SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) dan bagi mereka yang juga tidak lulus dari jalur tersebut, kesempatan juga masih terbuka melalui Jalur Ujian Mandiri.

Rektor menerangkan ada banyak alasan untuk menjadikan UIN Raden Intan lampung sebagai destinasi (tujuan) pendidikan tinggi, antara lain:

1. UIN Raden Intan Lampung telah mengembangkan jejaring kerjasama antar perguruan tinggi di luar negeri yaitu : University Of Malaysia (UM), University Of Queensland (UQ) Australia, Universiteit Leiden Belanda, Kirk University Thailand, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Tomsk State University Rusia, Canal Suez University Mesir, University Of Halabja Iraq, dan lain lain, dan telah menghasilkan beberapa kegiatan yang diharapkan memberikan dampak positif bagi pengembangan UIN Raden Intan Lampung pada masa yang akan datang

2. UIN Raden Intan Lampung pada tahun ini telah mengembangkan kurikulum OBE (Outcome Based Education) yang menjadi panduan dasar bagi kegiatan perkuliahan berstandar internasional. Di samping itu UIN Raden Intan Lampung juga menjaring mahasiswa baru dari luar negeri, antara lain dari Thailand, Pakistan, Philipina, Palestina dan Insya Allah tahun ini akan ada mahasiswa asing dari Kamboja.

3. UIN Raden Intan Lampung adalah kampus terbersih dan terhijau dari seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan peringkat sembilan dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

4. UIN Raden Intan Lampung meraih peringkat terbaik se-Indonesia, peringkat 3 (tiga) Webometrics dari seluruh PTKI di Indonesia dan meraih peringkat 6 (enam) UniRank.

5. UIN Raden Intan Lampung menyediakan berbagai beasiswa, seperti Beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan Beasiswa BLU (Badan Layanan Umum) bagi mereka yang berprestasi akademik dan non akademik, serta beasiswa hasil kerjasama dengan instansi lain baik instansi pemerintah maupun swasta.

6. UIN Raden Intan Lampung memiliki Guru Besar (Profesor) terbanyak se PTKIN di Pulau Sumatera.

7. Dan alasan lain yang tidak bisa disampaikan pada kesempatan ini.

“Sebagai salah satu hasil dari upaya internasionalisasi, pada awal tahun ini, kita diberi kabar gembira, yaitu Jurnal Ilmiah Al ‘Adalah yang dikelola di UIN Raden Intan, telah terindeks sebagai jurnal internasional Scopus,” ujar Rektor.

Dengan terindeks dalam Scopus, kata Rektor, merupakan kesempatan besar bagi sivitas akademika internasional. Dengan demikian diharapkan melahirkan ilmuan-ilmuan untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah mereka menjadi karya ilmiah yang menjadi rujukan secara internasional.

Emang boleh UIN Raden Intan Lampung sekeren ini? Gak bahaya tah?,” ungkap Rektor Prof Wan disambut bahagia dan seruan tepuk tangan dari para wisudawan dan orang tua yang hadir.

Berlangsung di Gedung Serba Guna KH Ahmad Hanafiah UIN RIL, Rektor mengukuhkan 1100 wisudawan, yang terdiri dari 1061 wisudawan Sarjana (S1), 34 wisudawan Magister (S2), dan 5 wisudawan program Doktor (S3).