Home » Berita » Akademisi UIN Edukasi Dampak Negatif Minuman Keras Lewat Media Komik

Akademisi UIN Edukasi Dampak Negatif Minuman Keras Lewat Media Komik


Dr. Oki Dermawan saat persentasi makalah. (Dok. Ist)

Akademisi UIN Dr Oki Dermawan menjadi salah satu pemakalah pada Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-19 yang berlangsung di Jakarta pada 1-4 Oktober 2019. AICIS merupakan pertemuan para akademisi dan peneliti dari seluruh dunia pada bidang yang berkaitan dengan studi Islam.

Dalam makalahnya Oki menjelaskan tentang memberikan edukasi dampak negatif minuman keras lewat media komik di SMP. “Tujuan dari studi ini adalah untuk mengembangkan media komik dalam upaya untuk mencegah dan mengatasi masalah alkoholisme di kalangan remaja,” jelasnya.

Pada 2017, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) PWNU DKI Jakarta dan Pusat Penguatan Aoutonomy Daerah (PPOD) menyatakan bahwa konsumsi alkohol oleh remaja cukup tinggi, sekitar 65,3 persen. Penelitian ini melibatkan 427 responden berusia 12 hingga 21 tahun di Depok, Jakarta, Tangerang, Bogor dan Bekasi.

Lebih jauh, ini terjadi karena remaja memiliki akses untuk mendapatkan minuman keras dan pengaruh lingkungan. Fenomena siswa yang minum alkohol juga terjadi di Bandar Lampung. “Masalah ini terjadi di berbagai sekolah. Oleh karena itu, saya (peneliti) mengembangkan media komik yang diuji kelayakannya di SMP Wiyatama di Bandar Lampung,” paparnya.

“Dampak negatifnya pada siswa, jika masalah ini terus meningkat, tidak hanya akan menyebabkan kemabukan atau kehilangan kesadaran tetapi dapat merusak organ dan otak, sehingga terjadi gangguan memori dan gangguan emosi,” lanjut dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ini.

Hasil dari penelitian tersebut diharapkan menghasilkan media yang dapat digunakan oleh guru-guru SMP di Bandar Lampung untuk memberikan informasi tentang bahaya minuman keras melalui layanan informasi oleh media komik. Selain itu, diharapkan juga dapat menjadi model penyediaan layanan informasi inovatif bagi remaja berdasarkan media komik untuk keperluan lain. (NF/HI)

Sudah dibaca : 602 Kali