Akademisi UIN Paparkan Makalah di Jerman

  • Admin Humas
  • Sabtu, 26 Oktober 2019
  • 3202 Tampilan
blank
Dr. Heni Noviarita saat presentasi di Hamburg. (Dok. Ist)

Akademisi UIN Raden Intan Dr Heni Noviarita, presentasikan makalah di Konjen RI Hamburg, Jerman, Jumat (25/10). Presentasi tersebut dalam rangka workshop pendidikan riset dan ilmu sosial perbandingan Indonesia-Jerman.

Heni presentasi makalah tentang Utility Konsumen Terhadap Perbankan Syariah di Kota Bandar Lampung. Dia menjelaskan tentang beberapa faktor ekonomi yang bisa menjadi tolok ukur mengapa sebagian  konsumen lebih memilih untuk menyimpan uang di bank Islam.

“Dari sisi agamis, nasabah menjadi lebih yakin karena pilihan yang diambil telah sesuai dengan tuntunan dan ajaran agama yang dianut. Hal tersebut memberi rasa tentram, karena tidak menyalahi aturan agama secara hukum,” ungkap Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) ini.

Kemudian sari sisi ekonomis, nasabah yang menabung di bank Islam merasa aman karena sistem keuangan bank yang sehat. “Dengan menabung di bank Islam nasabah tetap memperoleh manfaat secara ekonomis, dengan sistem bagi hasil yang menguntungkan nasabah,” paparnya.

Berdasarkan pada kondisi tersebut, menurut penelitiannya terdapat hubungan yang erat antara faktor agamis dan ekonomis di dalam menabung di bank Islam. “Hal ini juga menunjukkan tingkat kepuasan nasabah menabung di bank Islam tersebut tercapai bila terpenuhi secara dunia dan akhirat,” tambah Heni.

blank
Foto bersama di Konjen RI Hamburg. (Dok. Ist)

Workshop itu juga diikuti oleh sejumlah akademisi dan peneliti dari Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES); serta Ikatan Ahli dan Sarjana Indonesia-Jerman (IASI). (NF/HI)