Akselerasi Program Internasionalisasi, UIN Lampung Tandatangani MoU dengan TSU Rusia

  • Admin Humas
  • Sabtu, 11 November 2023
  • 363 Tampilan
blank
Rektor UIN RIL Prof Wan Jamaluddin dan Prof Dr Artem Yu Rykun usai penandatanganan MoU

Surabaya (Humas UIN RIL) – Dalam rangka mengakselerasi program internasionalisasi kampus, Rektor Prof H Wan Jamaluddin MAg PhD menandatangani MoU antara Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) dan Tomsk State University (TSU), Rusia.

Pihak TSU diwakili oleh Vice-Rector Bidang Internasional Prof Dr Artem Yu Rykun. Penandatanganan dilakukan di sela-sela kegiatan Russian Day yang diikuti oleh TSU dan berlangsung di Surabaya, Selasa (7/11/2023).

Penandatanganan MoU ini merupakan kelanjutan dari pertemuan Rektor UIN RIL Prof Wan  dengan Prof Rykun saat menghadiri forum alumni Rusia, The Forum of Foreign Graduates of Soviet and Russian Universities, Representatives of Educational and Healthcare Systems in Asia di Hanoi belum lama ini. 

Dengan MoU ini, membuka peluang bagi dua universitas melakukan kolaborasi dalam bidang akademik antara lain student and staff exchange, joint research, publication and conference

Dalam pertemuan itu, baik Prof Wan Jamaluddin maupun Prof Rykun menyampaikan, MoU akan ditindaklanjuti dengan berbagai aktivitas. TSU menawarkan program beasiswa S2/S3 dalam bidang kajian sains seperti biologi, fisika, jurnalisme, digital media, ekonomi dan pendidikan yang disajikan dalam bahasa Rusia dan Inggris. Beasiswa ini dapat diakses baik melalui skema Pemerintah Rusia maupun Kampus TSU.

Saat ini banyak mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di TSU baik level Master  maupun Doctoral degree. TSU juga menawarkan short program melalui melalui winter school bagi mahasiswa internasional. 

Pada kesempatan tersebut juga, Rektor mengundang pihak TSU untuk memberikan international guest lecturer series bagi sivitas akademika UIN RIL dan cultural campbagi mahasiswa Rusia di tahun 2024. 

Dalam jangka panjang tidak menutup kemungkinan, UIN RIL dan TSU akan menjajaki joint degree programseperti yang sudah dilakukan oleh kampus mitra TSU di Indonesia. (Rls/An/AH)