Aktifitas Literasi Harus Digerakkan Secara Masif

  • Admin Humas
  • Rabu, 01 Juli 2020
  • 1964 Tampilan
blank
Webinar Literasi Part 3.

Aktifitas literasi diharapkan tidak hanya berkutat dalam budaya akademik semata, namun harus menjadi sebuah gerakan sosial yang nyata secara masif. Sehingga aktifitas ini dapat menjadi sebuah budaya yang baik di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Demikian disampaikan Wakil Rektor (WR) III Prof Wan Jamaluddin PhD saat menyampaikan sambutan pada webinar tentang literasi seri ke-3 yang diselenggarakan Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) Fakultas Adab dan Relawan Literasi – Forum Literasi Lampung, Rabu  (1/7/2020). Webinar  ini berlangsung di aplikasi Zoom serta ditayangkan pada channel YouTube dan fanpage Facebook UIN Raden Intan Lampung.

WR III mengatakan, budaya literasi di Indonesia belum tinggi. Dia mengajak untuk berkaca pada negara maju lainnya yang membiasakan berliterasi seperti membaca di tranportasi umum atau ruang publik.

“Generasi (muda) saat ini sesungguhnya generasi yang melimpah informasi. Saya sangat menaruh harapan terhadap gerakan literasi untuk bisa menularkan virus positif,” tambahnya.

Pembicara lain pada webinar ini yaitu Drs Ahmad Bastian SY (Komite I DPD RI), Nirwan Ahmad Arsuka (Relawan Pustaka Bergerak Indonesia/PBI Jakarta), Eni Amaliah (Relawan FLL/Ketua Prodi IPII UIN Lampung), dan sebagai moderator Aditiya (Rumah Baca Kebon Jeruk Bandar Lampung).

Hadir juga 30 pemantik pada diskusi virtual ini para relawan dan aktifis gerakan literasi dari perwakilan 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. (NF/HI)