Asesmen Lapangan LAMDIK, Prodi PBA Kembali Targetkan Akreditasi Unggul

  • Admin Humas
  • Senin, 15 Mei 2023
  • 769 Tampilan
blank
Wakil Rektor I, Prof Dr H Alamsyah MAg saat berikan sambutan pada AL PBA, (15/5).

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) lakukan Asesmen Lapangan (AL) Program Studi (prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung (RIL).

Rektor UIN Raden Intan Lampung diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof Dr H Alamsyah MAg mengatakan, kegiatan asesmen ini bukanlah kegiatan rutinitas melainkan kegiatan strategis yang penting untuk semakin meningkatkan mutu kualitas pendidikan Indonesia.

“Prodi PBA harus mampu mempertahankan akreditasi ‘Unggul’ sebagaimana yang sudah tertuang pada Surat Keputusan BAN-PT No. 9951/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/XI/2022 tahun lalu,” kata dia saat membuka AL di Ballroom kampus setempat, Senin (15/05/2023).

Hadirnya berbagai elemen hari ini, lanjut dia, diharapkan dapat mendukung dan mensukseskan kegiatan asesmen untuk akreditasi yang lebih baik lagi bagi prodi PBA, dan kembali meraih Akreditasi Unggul.

Sementara itu, salah satu asesor Dr Muhbib Abdul Wahab MAg dalam sambutannya menyampaikan, kehadiran mereka yaitu untuk memverifikasi fakta dan kondisi lapangan terhadap data dan informasi yang disampaikan di dokumen usulan akreditasi. 

“Kami akan berusaha seoptimal mungkin secara fair, mudah-mudahan nilainya bisa naik,” kata dia.

blank
Dua asesor berpose bersama para pimpinan dan peserta yang hadir pada AL PBA.

Hadir dalam asesmen tersebut, Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Kepala Biro AAKK, Dekan FTK, Dekan Fakultas Syariah, Dekan Fakultas Adab, para Wakil Dekan, guru besar, ketua prodi dan sekretaris prodi, para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa PBA, serta tamu undangan lainnya.

Selain LAMDIK, prodi PBA saat ini juga sedang mempersiapkan dokumen untuk akreditasi internasional yaitu FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation).

Untuk diketahui, LAMDIK merupakan sebuah lembaga akreditasi yang bertugas melakukan proses akreditasi di bidang kependidikan. Seluruh akreditasi terkait program studi kependidikan akan diolah dan diamati melalui akreditasi ini.

Asesmen lapangan atau kegiatan visitasi ini dilakukan selama dua hari yakni 15 dan 16 Mei 2023 oleh Dr Muhbib Abdul Wahab MAg dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dr Mochamad Muizzudin MPd dari UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. (An/AH)