Home » Berita » Asesmen Prodi BKPI Targetkan Akreditasi A

Asesmen Prodi BKPI Targetkan Akreditasi A


Humas UIN RIL – Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) lakukan assesmen lapangan untuk prodi Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung, Jum’at (23/2/2018).

Asesmen direncakan akan dilaksanakan selama dua hari sampai 24 Februari 2018 di prodi BKPI FTK. Tim asesor terdiri dari dua orang yakni Dr A Ilyas MA dan Dr Muhammad Nur Wangid.

Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Dr Moh Mukri MAg menyampaikan perkembangan kampus dan segala upaya dalam meningkatkan fasilitas maupun kualitas di setiap prodi, termasuk BKPI. “Prodi-prodi di UIN rata-rata akreditasinya B. Bahkan sudah banyak juga yang A,” katanya saat memberikan sambutan pada asesmen tersebut.

Menurut rektor, semua pelayanan dan peningkatan mutu pendidikan di UIN sedang digalakkan. Ia pun menargetkan prodi BKPI yang sedang diasesmen tersebut bisa naik akreditasinya menjadi A.

Dr A Ilyas MA salah seorang tim asesor mengatakan, sudah beberapa kali melakukan assesmen di UIN Raden Intan. “Saya pernah asesmen di Fakultas Dakwah dan Ushuluddin. Sekarang di Tarbiyah,” ujarnya.

Dosen UIN Syarif Hidayatullah jakarta itu menyampaikan beberapa hal yang akan di asesmen. “Pertama, validasi data. Memvalidasi data yang telah dikirim pihak akademik ke borang SAPTO. Menyesuaikan data dengan fakta di lapangan,” terang Ilyas.

Kemudian, ia bersama tim akan melihat bagaimana sivitas di BKPI pada khususnya dalam mengembangkan prodi tersebut. “Terakhir (dari asesmen) rekomendasi. Peringkat nilai itu bukan kami (tim asesor) yang memutuskan, tetapi dewan eksekutif pada sidang pleno nanti. Dan penilaian itu rasional dan objektif,” pungkasnya. (NF/HI)

Sudah dibaca : 1340 Kali