Bahas Islamic Entrepreneurship, FEBI UIN Raden Intan Gelar Guest Lecture

  • Admin Humas
  • Rabu, 01 November 2023
  • 387 Tampilan
blank
Dato’ Prof Dr Sudin Haron

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Intan Lampung (RIL) mengadakan Guest Lecture yang menghadirkan Dato’ Prof Dr Sudin Haron dari Malaysia, Rabu (01/11/2023).

Prof Sudin merupakan Chairman/President Kuala Lumpur Business School dan juga Adjunct ProfessorSaito University College Malaysia. Ia memberikan materi kepada mahasiswa FEBI mengenai Islamic Entrepreneurship: The Main Engine for the Economic Growth (richer country).

Dalam paparannya, ia menyebutkan determinan sebuah pertumbuhan ekonomi diantaranya meliputi sumber daya alam, sumber daya manusia, teknologi, dan pembentukan modal.

Seorang entrepreneuratau wirausahawan, ujarnya, ialah seseorang yang mempunyai ide dan bekerja untuk menciptakan produk atau layanan yang akan dibeli orang, serta organisasi yang mendukung upaya tersebut. Selain itu juga, mengambil sebagian besar risiko dan inisiatif untuk bisnis barunya, dan sering kali dipandang sebagai seorang visioner atau inovator.

Prof Sudin mengungkapkan alasan yang menjadi dasar mengapa harus menjadi seorang entrepreneur. Hal itu terkandung pada Al Quran, yakni Al Baqarah: 107, Al Baqarah: 29, dan Al-Qashash: 77.

“Islamic entrepreneur adalah seorang muslim yang bertaqwa senantiasa mencari, mengembangkan dan memanfaatkan sepenuhnya karunia Allah untuk kemajuan dirinya, keluarganya, masyarakatnya dan makhluk lainnya sesuai dengan Al Quran dan Sunnah,” ujarnya.

Kemudian, ia juga menyebutkan karakteristik Muslim Preneurs yaitu taqwa sebagai framework, ibadah kepada Allah SWT adalah prioritas, halal sebagai prioritas utama, tidak melakukan yang sia-sia, mengamalkan nilai moral yang tinggi, dapat dipercaya, kepedulian terhadap kesejahteraan, berpengetahuan luas, serta peduli terhadap masyarakat dan lingkungan.

blank
Wakil Rektor III saat memberikan sambutan

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor III UIN RIL Prof Dr H Idrus Ruslan MAg. Dalam sambutannya Prof Idrus mengatakan, para mahasiswa harus memiliki basicyang kuat tentang Ekonomi Islam. Hal itu menjadi urgensi diadakannya kegiatan ini selain untuk mendukung FEBI terakreditasi internasional. 

Sementara Dekan FEBI Prof Dr Tulus Suryanto SE MM Akt CA menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas dan mengembangkan keilmuan terkhusus untuk mahasiswa FEBI. (An/AH)