Bekali Mahasiswa, UPT Karier Adakan Pelatihan Magang Internasional

  • Admin Humas
  • Senin, 03 Juni 2024
  • 57 Tampilan
blank
Salah satu narasumber sedang memberikan materi pelatihan magang internasional kepada mahasiswa

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melalui UPT Pengembangan Kewirausahaan dan Karier kembali bekali mahasiswa dengan mengadakan Pelatihan Magang Internasional.

Program pelatihan ini mendapat respon yang luar biasa dari para mahasiswa UIN RIL. Tercatat 270 mahasiswa dari berbagai jurusan mendaftar untuk mengikuti program ini. 

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, 40 mahasiswa terpilih untuk mengikuti pelatihan di batch pertama pada 03-04 Juni 2024. Sedangkan 40 mahasiswa lainnya di batch kedua yang akan dilaksanakan pada 10-11 Juni mendatang.

Acara pembukaan pelatihan magang internasional ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN RIL, Prof Dr H Idrus Ruslan MAg. Dalam sambutannya, Prof Idrus menyampaikan, program pelatihan ini sejalan dengan visi Rektor UIN RIL, yaitu internasionalisasi, digitalisasi, dan kemandirian.

“Ketiga pilar ini menjadi landasan bagi UIN RIL untuk terus berkembang dan maju. Salah satu wujud nyata dari visi ini adalah dengan menyiapkan mahasiswa untuk dapat bersaing di kancah internasional,” ujar Prof Idrus.

blank
Wakil Rektor III Prof Dr H Idrus Ruslan MAg saat memberikan sambutan

Ia menambahkan, pelatihan magang internasional ini merupakan kesempatan bagi para mahasiswa untuk membuka wawasan dan meningkatkan kemampuan mereka, sehingga nantinya siap menjadi pemimpin masa depan yang kompeten dan berdaya saing global.

Sementara dalam laporannya, Kepala Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Karier Dr Tin Amalia MSi, menyampaikan program pelatihan ini merupakan salah satu upaya UPT Karier untuk membantu mahasiswa mengembangkan diri dan karier mereka hingga ke tingkat internasional.

“Sejak tahun lalu, Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Karier UIN RIL telah berupaya mengembangkan program magang baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini untuk meningkatkan jumlah keterserapan lulusan UIN di pasar kerja,” jelas Dr Tin.

Ia juga menambahkan, program pelatihan ini diharapkan dapat memberikan wadah bagi para mahasiswa untuk mengetahui peluang kerja di berbagai perusahaan multinasional dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam bersaing di kancah internasional.

blank

Adapun narasumber berpengalaman yang dihadirkan pada pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini yaitu Dr Yudha B Abadi MM selaku Founder Synthesis Academy dan CEO ASIAPORA, serta Erik Gunawan selaku CEO PT Prima Andalan Sumberdaya. (An/AH)