Home » Berita » Beri Konsultasi Kesehatan Kulit Gratis, Anjungan Kontingen UIN RIL Dipadati Pengunjung

Beri Konsultasi Kesehatan Kulit Gratis, Anjungan Kontingen UIN RIL Dipadati Pengunjung

Sudah dibaca : 273 Kali


Anjungan UIN RIL di kampus UIN Ar-Raniry Aceh dipadati pengunjung. (Dok. Ist)

Aceh (Humas) – Anjungan Kontingen UIN Raden Intan Lampung (RIL) dalam cabang lomba Karya Inovasi Produk Halal dan Ketahanan Pangan dipadati pengunjung dari berbagai daerah.

Pengunjung yang didominasi oleh kaum hawa ini terlihat antusias dan bergiliran mendatangi anjungan yang memamerkan produk hasil karya mahasiswa tersebut. Anjungan ini menyediakan konsultasi kesehatan kulit secara gratis.

Salah seorang pengunjung mengatakan tertarik untuk mendatangi anjungan ini karena produk yang ditampilkan sangat sesuai dengan kebutuhannya, yaitu tabir surya herbal. “Ya, saya sangat tertarik untuk melihat karya inovasi ini dan sekalian memeriksakan kesehatan kulit saya,” ujar salah seorang pengunjung, Sabtu (27/11/2021).

Sementara dosen pembimbing yang mendampingi tim peniliti, Indarto MSc, mengatakan sangat senang melihat antusiasme dari pengunjung. “Alhamdulillah, pengunjung sangat antusias mengunjungi anjungan kami,” ujarnya.

Salah seorang tim peniliti, Fikri Fitrizon, menjelaskan bahwa tim sengaja membawa alat skin analyzer untuk memberikan konsultasi gratis kepada pengunjung karena sesuai dengan hasil karya inovasi yang dipamerkan. “Kami memang menyiapkan alat skin analyzer ini sebagai penunjang hasil karya inovasi kami, jadi saling mendukung,” kata Fikri.

Tim peneliti lain, Nimas, memaparkan, hasil karya inovasi ini sangat bermanfaat untuk memcegah bahaya paparan sinar UV terhadap kulit dan relatif lebih aman digunakan karena terbuat dari bahan herbal yaitu ekstrak kunyit dan ganggang hijau. “Hasil inovasi kami ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya dan dibuat dengan memanfaatkan keanekaragaman sumber daya hayati di Indonesia yang sangat melimpah,” ujarnya.

Peneliti ini membuat inovasi berupa tabir surya (sunscreen) dengan bahan herbal yaitu ektrak kunyit (Curcuma Longa L.) dan ganggang hijau (Haematococcus Pluvualis) “Kami berharap hasil karya inovasi ini dapat lebih dikembangkan sehingga bisa lebih bermanfaat bagi orang banyak,” tambah Nimas.

Pameran hasil karya inovasi pada grand final OASE PTKI 2021 ini berlangsung selama 4 hari, 25-28 November, di kampus UIN Ar-Raniry Aceh. (HI/NF)