Home » Berita » Bijak Bermedia Sosial

Bijak Bermedia Sosial


Humas UIN RIL – Kemajuan teknologi beserta perangkat pendukungnya membawa efek derasnya arus informasi. Hal tersebut harus menjadi perhatian kita semua dalam menerima maupun menyampaikan informasi.

Pegiat literasi informasi Puji Raharjo, M.Hum menyampaikan agar kita dapat bijak dalam  menggunakan media sosial. “Kita harus menyaring informasi yang masuk kepada kita,” ujarnya saat menjadi narasumber pada seminar literasi dengan tema Ibu Cerdas di Era Digital yang diselenggarakan di aula Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Raden Intan Lampung, Rabu (21/2/2018).

Menurutnya, di era digital saat ini, banyak pihak yang menyalahgunakan kemajuan teknologi seperti media sosial untuk menyebar informasi palsu (hoaks) dan juga fitnah. Ia mengingatkan pentingnya bertabayun atas informasi yang di dapat sebelum mempercayainya atau membagikan lagi informasi tersebut.

“Kita lihat media dan sumbernya kredibel atau tidak, isi berita atau informasi tersebut bermanfaat atau tidak jika kita bagikan,” kata Kabag Umum UIN Raden Intan ini.

Puji berpesan kepada peserta yang hadir untuk menghindari hoaks dan fitnah. “Jangan sampai seperti istrinya Abu Lahab yang sudah tertuang dalam surat Al Lahab. Wamroa’tuhu hammaa latalhathob / Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar (penyebar fitnah),” pungkasnya dihadapan peserta yang didominasi oleh perempuan.

Seminar tersebut terselenggara atas kerjasama FDIK UIN Raden Intan Lampung dengan Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI), Forum Literasi Lampung (FLL), dan Komunitas Dakwah Cinta Buku (Deb Community).

Narasumber lainnya pada seminar literasi ini yakni para akademisi UIN Raden Intan, diantaranya yaitu Dr. Eti Hadiati, M.Pd dan Dr. Romlah, M.Pd serta dimoderatori oleh Enny Amaliah, M.Pd.I. (NF/HI)

Sudah dibaca : 240 Kali