Dekan FTK UIN Raden Intan Hadiri ICIED dan Tandatangani MoA dengan ASEAN Faculty of Education

  • Admin Humas
  • Jumat, 10 November 2023
  • 445 Tampilan
blank
Dekan FTK UIN RIL, Prof Nirva Diana (tengah) usai penandatanganan MoA dengan ASEAN Faculty of Education

Malang (Humas UIN RIL) – Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Prof Dr Hj Nirva Diana MPd menghadiri International Conference on Islamic Education (ICIED) ke-8.

ICIED berlangsung bersamaan dengan ASEAN Dean of Education Forum atau Forum Dekan Pendidikan ASEAN yang diselenggarakan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim di Hotel Swissbell-in pada 8-10 November 2023. Tema yang diusung yakni Strengthening Educational Institutions in Advancing the Moderate, Inclusive, and Disability-Friendly Islamic Education.

Dekan pendidikan se-ASEAN hadir bersama para pembicara kegiatan ICIED untuk saling sharing pengalaman dan kolaborasi dalam menghadapi tantangan bersama di sektor pendidikan.

Selain itu juga hadir sejumlah akademisi dari berbagai negara, seperti Prof Dr Anis Malik Thoha dari Unissa Brunei Darussalam; Prof Sri Sumarni MPd Ketua FORDETAK PTKIN se-Indonesia; Prof Dr Nor Aniza Ahmad dari Universiti Putra Malaysia.

Kemudian, Mahan Mirza PhD dari University of Notre Dame, Indiana; Mira Sambada dari Tim Usaid; Prof Dr Zawawi Ismail Ketua Majlis Dekan Pendidikan Malaysia.

Sementara di dalam Forum Dekan Pendidikan ASEAN, menyediakan platform eksklusif bagi para dekan, pemimpin lembaga pendidikan, dan pembuat kebijakan di negara ASEAN untuk terlibat dalam diskusi bermakna/mendalam, berbagi pengalaman, dan berkolaborasi dalam mengatasi tantangan bersama di sektor pendidikan.

Dari beberapa rangkaian kegiatan tersebut, Prof Nirva bersama Dekan Pendidikan (Tarbiyah dan Keguruan) se-Perguruan Tinggi Islam Keagamaan Negeri (PTKIN) turut melaksanakan penandatanganan MoA dengan ASEAN Faculty of Education, Kamis (09/11/2023).

Prof Nirva berharap, melalui MoA yang dilakukan dapat berdampak positif dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup kolaborasi riset dosen-mahasiswa, visiting profesor, pendidikan pengajaran, pengembangan kurikulum, kegiatan akademik misalnya workshop, seminar maupun simposium.  

Prof Nirva pada kesempatan tersebut mempresentasikan karya ilmiah yang akan terbit pada Jurnal Web of Science yang berjudul The Trends, Opportunities, and Challenges of Nature School: A Systematic Literature Review. (An/AH)