Pusba Latih Kemampuan Bahasa Inggris-Arab Mahasiswa UIN

10 Oktober 2017

Humas UIN RIL – Setelah dosen, Pusat Pengembangan Bahasa (Pusba) UIN Raden Intan Lampung meningkatkan kemampuan bahasa mahasiswa dengan memberikan pelatihan Test Of English as a Foreign Language (Toefl) dan Test Of Arabic as a Foreign Language  (Toafl) kepada 60 mahasiswa tahun 2017.


Kegiatan ini akan berlangsung selama sepuluh hari, 9-20 Oktober 2017 di ruang tes Pusba. Dalam sehari, peserta akan mengikuti proses pelatihan selama 6 jam.


Kepala Pusba Bambang Irfani, M.Pd mengatakan 60 jam pelatihan untuk meningkatkan skor Toefl atau Toafl cukup efektif. “Target kami  peserta pelatihan mencapai skor Toefl Toafl sebesar 550,” ujarnya.

 

Bambang juga mengingatkan kepada peserta, meski jam pelatihan, metode dan tutor sudah maksimal, peningkatan kemampuan tetap kembali kepada peserta. “Peserta harus mengikuti proses dan menanamkan keyakian kalo dia bisa mencapai skor tersebut,” kata Bambang, kemarin.

 

Peserta ini ialah mahasiswa di atas semester VII. Menurut Bambang, mahasiswa yang minimal semester VII sudah tidak ada kuliah lagi, jadi bisa focus ikuti pelatihan. Pada pelatihan ini Pusba juga menerima alumni atau mahasiswa yang baru lulus untuk mengikuti kegiatan tersebut.


“Manfaat pelatihan sangat besar ke depan. Bukan  sekedar syarat Munaqosah, tapi juga suatu bekal untuk melanjutkan studi dan mendapat tawaran beasiswa yang di luar sana (eksternal UIN),” pungkasnya.


Masing-masing pelatihan Toefl dan Toafl di ikuti oleh 30 orang. Pemateri Toefl akan diampu oleh Eric Campbell, MA; Helta Anggia, MA; Damona Mayasar, M.Pd; dan Seniarika, M.Pd. Sedangkan Toafl diampu oleh Ikhwan Fikri, Lc, LLM; Ahmad Noor Islahuddin, Lc, LLM; Dr. Masruchin, MA; dan Iin Nurul Inayah, M.Pd.I. (NF/FM)