2630 Peserta UM-PTKIN diterima di UIN Raden Intan Lampung

19 Juni 2017

UIN RIL, Bandar Lampung –  Sebanyak 2630 peserta UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) diterima di UIN Raden Intan Lampung. Angka tersebut didapat berdasarkan keputusan panitia nasional pelaksana UM-PTKIN yang menggelar sidang kelulusan di Lombok Barat, NTB, Sabtu (17/6/2017).

Jumlah peserta yang lulus tersebut merupakan bagian dari 4426 peserta yang mengikuti ujian di UIN Raden Intan, dengan total 9679 pendaftar termasuk dari luar daerah Lampung. Secara keseluruhan, panitia nasional mengumumkan sebanyak 39.388 peserta UM-PTKIN yang diterima di 56 PTKIN se-Indonesia dari total peserta 82.005 yang mengikuti ujian pada 23 Mei 2017 yang lalu.

Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Syamsuri Ali, M.Ag menerangkan bahwa peserta yang diterima tersebut untuk 27 prodi yang diikutsertakan pada UM-PTKIN 2017 maupun SPAN sebelumnya. Ia pun menjelaskan bahwa keputusan dari panitia nasional ini diambil berdasarkan seleksi nilai tertinggi dari hasil test UM-PTKIN tersebut.

WR I juga menerangkan, ada dua hal berbeda pada UM-PTKIN tahun ini. Pertama, jumlah peminat yang meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya. Kedua, UM-PTKIN tahun ini juga memiliki standar kelulusan yang cukup tinggi.

“Jadi dengan standar kelulusan yang tinggi ini, tentunya ini dapat meningkatkan daya saing UIN Raden Intan dan dalam hal meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran. Selain itu, ini juga merupakan tantangan untuk sistem akademik kita dalam menunjang peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran tersebut,” ujar Syamsuri saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (19/6).

Pada  sidang kelulusan UM-PTKIN (17/6), lanjut Syamsuri, panitia nasional mengumumkan bahwa UIN Raden Intan masuk ke dalam lima besar peminat PTKIN terbanyak setelah UIN Jakarta, UIN Yogyakarta, UIN Makasar dan UIN Surabaya.

Pengumuman hasil seleksi UMPTKIN 2017 dapat dilihat mulai Senin (19/6) pukul 14.00 WIB pada laman berikut: http://pengumuman.um-ptkin.ac.id / http://um.uinsby.ac.id / http://um.uin-suska.ac.id. Pengecekkan dilakukan dengan memasukkan nomor peserta ujian masing-masing. Pengumuman di website UIN Raden Intan baru dapat dilihat di hari berikutnya setelah pengumuman resmi panitia nasional.

UM-Lokal 

Sebelum pengumuman UM-PTKIN ini, panitia lokal UIN Raden Intan telah membuka pendaftaran UM-Lokal. Pendaftaran UM-Lokal dibuka sejak 12 Juni hingga 3 Juli 2017.

Pendaftaran UM-Lokal ini dilakukan secara online di website resmi UIN Raden Intan. Test UM-Lokal ini akan diselenggarakan pada 11 Juli 2017 dan pengumumannya pada 17 Juli 2017.  

WR I menjelaskan, ada 17 Prodi yang dianggap sudah memenuhi kuota melalui jalur SPAN dan UM-PTKIN. “Jadi yang dibuka untuk UM-Lokal ada 12 Prodi dari 4 fakultas,” terangnya.

Fakultas yang membuka prodi pada skema UM-PTKIN yakni pertama, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Kedua, Fakultas Syariah dan Hukum dengan prodi Hukum Keluarga (AS) dan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah).

Ketiga, Fakultas Ushuluddin dengan prodi Studi Agama-Agama (SAA), Aqiqah dan Filsafat Islam (AFI), Tassawuf dan Psikoterapi, Pemikiran Politik Islam (PPI) serta Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT). Kemudian, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi dengan prodi Manajemen Dakwah (MD), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) dan Bimbingan Konseling/Penyuluhan Islam. (NF)

 

Info Terkait:

Pengumuman UM-Lokal UIN Raden Intan Lampung Tahun 2017