Galeri Investasi Syariah sebagai Wadah Belajar

09 Agustus 2017

UIN RIL, Bandar Lampung – Galeri Investasi Syariah yang baru ditandatangani MoU-nya antara UIN dengan BEI (Bursa Efek Indonesia) dan PT Phintraco Sekuritas sebagai wadah untuk belajar teori dan praktek berinvestasi.

 

Andre Mahardika, Head of Regional Business Development PT Phintraco Sekuritas mengatakan, galeri ini bisa untuk belajar mahasiswa dan akan dilengkapi pasar modal syariah. “nanti disana (galeri) dapat belajar melihat laporan keuangan di pasar modal syariah. Juga bursa saham, modal dan investasi,” katanya.

 

Pada galeri ini juga akan dibuat simulator untuk investasi syariah. “Semua investasi pasti ada resikonya. Dengan belajar, resiko yang tinggi bisa diminimalisir atau diperkecil,” ujar Andre saat penandatangan MoU, Rabu (9/8/2017).

 

Di galeri tersebut nantinya juga dapat digunakan untuk praktek berinvestasi. “Dengan uang 100 ribu kita sudah bisa membeli saham. Dengan 100 ribu tidak membuat kita rugi. Ibarat belajar berenang, tentu kita tidak harus belajar di kolam yang kedalamannya 5 meter,” tambah Andre.

 

Hal senada disampaikan Umi Kulsum, Perwakilan BEI Lampung. “Digaleri ini kita tidak hanya belajar teori saja, tetapi juga praktek. Di sini (galeri) kita juga dapat melihat gambaran penjualan retail, bisa dilihat di listing bursa. Misal seperti Alfamart atau Hypermart. Jadi kita bisa lihat fluktuasinya,” terangnya.

 

Saat ini, investasi syariah juga sudah dipermudah oleh OJK. Perusahaan-perusahaan sudah terdata, mana saja yang mendapat sudah ‘lampu hijau’ dari OJK untuk investasi syariah.

 

Galeri ini diharapkan dapat dipergunakan secara optimal. Setiap mata kuliah terkait dapat mempergunakan galeri ini untuk membiasakan mahasiswa dalam membaca dan mengetahui bursa saham khususnya terkait investasi syariah. (NF/FM)

 

---

Berita terkait:

UIN-BURSA EFEK INDONESIA KERJASAMA INVESTASI SYARIAH