UIN Siap Jadi Tuan Rumah Deklarasi Antiradikalisme

09 Oktober 2017

Humas UIN RIL – UIN Raden Intan Lampung siap menjadi tuan rumah kegiatan deklarasi antiradikalisme oleh perguruan tinggi se-Provinsi Lampung yang direncanakan akan berlangsung pada 28 Oktober 2017.

 

Hal tersebut di ungkapkan oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag kepada sejumlah pimpinan perguruan tinggi se-Lampung yang berkunjung ke ruang kerjanya, Senin (9/10/2017), saat UIN di minta menjadi tuan rumah untuk kegiatan tersebut.

 

Selain lokasi kegiatan, Rektor UIN  Prof. Mukri juga diminta oleh sejumlah pimpinan perguruan tinggi tersebut untuk menjadi ketua tim pengarah (steering commite).

 

Kegiatan deklarasi antiradikalisme ditargetkan akan diikuti oleh seluruh perguruan tinggi se-Lampung. “harapannya dapat diikuti oleh puluhan ribu perwakilan sivitas akademika se-Lampung,” kata Dr. Nasrullah Yusuf, M.B.A, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia.

 

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari deklarasi antiradikalisme oleh ribuan perguruan tinggi se-Indonesia pada 26 September 2017 lalu di Bali.

 

Sebagai tindak lanjut, perguruan tinggi se-Lampung juga siap deklarasi hal serupa. Selain itu, perguruan tinggi se-Lampung akan berkomitmen mengawal isi deklarasi tersebut.

 

Rektor UIN Raden Intan mendukung kegiatan tersebut. “Kita harus sama-sama sukseskan kegiatan ini dan mengawal bersama isi dari deklarasi tersebut nantinya,” kata Prof. Mukri.

 

Menurut Mukri, perguruan tinggi memang harus memiliki sikap terhadap pihak-pihak yang merongrong Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan ingin merubah dasar Negara. “Bagi kami (UIN) perdebatan soal itu (radikalisme) sudah selesai. Mari kita bangun bersama bangsa ini,” pungkas anggota dewan pendidikan Provinsi Lampung ini.

 

Selain deklarasi, kegiatan juga akan diisi oleh kuliah umum. Pengampu kuliah umum ini direncanakan akan disampaikan oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung, Gubernur Lampung dan sejumlah Menteri yang akan hadir.

 

Perwakilan pimpinan perguruan tinggi tersebut menyepakati sebagai ketua panitia pelakasana / Organizing Commite (OC) yakni Prof. Dr. Karomani, M.Si  yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor III Universitas Lampung. Panitia merencanakan, sebelum kegiatan berlangsung akan menggelar konferensi pers. (NF/FM)