PPs UIN Gelar Seminar Internasional

09 November 2017

Humas UIN RIL – Program Pascasarjana (PPs) UIN Raden Intan Lampung gelar seminar internasional, Kamis (9/11/2017) di ruang seminar rektorat lt.3.

 

Seminar ini mengusung tema Dakwah and Community Development on Faith Based Community Approaches. PPs menghadirkan Narasumber Prof. Maghdi Behman, Ph.D dari University Virginia, USA dan Amich Al Humami, Ph.D yang menjabat Direktur Pendidikan Tinggi, IPTEK dan Kebudayaan BAPPENAS.

 

Direktur PPs Prof. Idham Khalid, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan, seminar internasional tahun ini didesain untuk menguatkan salah satu prodi S3 yaitu Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). “Prodi Pengembangan Masyarakat Islam ini dalam dua tahun terakhir mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan program doktor beasiswa dari Kementerian Agama RI,” katanya.

 

Tujuan diselenggarakannya seminar ini yaitu untuk memberi penguatan teoritis PMI karena kedua pembicara tersebut memang memiliki konsen dalam PMI. Disamping penguatan teori, masyarakat atau tokoh-tokoh yang konsen dalam isu pengembangan masyarakat juga turut hadir seperti organisasi kegamaan dari pemerintah maupun non-pemerintah. Ada beberapa representasi masyarakat islam yan tergabung dalam ormas seperti MUI, NU, Muhammadiyah, dan organisasi lainnya.

 

“Kita ingin organisasi tersebut dapat berdiskusi pada seminar ini tentang bagaimana pendekatan-pendekatan pengembangan masyarakat islam dan bagaimana masyarakat dicerahkan dengan agama. Apalagi terkait isu terakhir ini tentang bagaimana cara pandang orang tentang islam  dari satu perspektif dan merasa paling benar. Mudah-mudahan ini akan mencerahkan kita semua,” terang Idham

 

Seminar ini dihadiri oleh mahasiswa program S3, khususnya prodi PMI. Hadir juga mahasiswa S2, S1 dan undangan lainnya. (NF/HI)