Mahasiswa Harus Berinovasi

07 Juni 2017

UIN RIL, Bandar Lampung – Kasubdit  sarana prasarana dan kemahasiswaan diktis Kementerian Agama Drs. Syafriansyah, MBA memberikan pembinaan dan pengarahan ke sejumlah mahasiswa UIN Raden Intan. Pembinaan dan pengarahan itu dilakukan di ruang rapat rektorat lt.2, Rabu (7/6/2017).

Mahasiswa yang hadir dalam pengarahan tersebut ialah mahasiswa yang berprestasi dan beberapa pengurus UKM/UKK. Selain mahasiswa, hadir juga Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Dr. Syaiful Anwar, M.Pd dan Kabag Perencanaan Drs. Jumari Iswadi, MM.

Syafrinsyah mengatakan, PTKIN memiliki karakter yang berbeda dengan perguruan tinggi lain. Perbedaan ini selain pada kurikulum, juga pada pola dan cara kerja organisasi kemahasiswaan seperti UKM-UKK.

“Dibanyak daerah saya menemukan alumni PTKIN yang dapat hidup dengan beragam profesi. Inilah karakter berbeda dalam mahasiswa dan alumni PTKIN, mereka memiliki kemampuan retorika dan problem solving, baik untuk dirinya maupun masyarakat,” ujar Syafriansyah.

Selain itu, ia mengingatkan kepada mahasiswa yang aktif dalam organisasi untuk tidak terjebak pada sesuatu yang bersifat seremonial. “Jangan hanya ramai-ramai saat pemira atau pemilihan pengurus UKM, lalu program kerja hanya mengikuti pengurus sebelumnya,” paparnya.

Syafri menambahkan, mahasiswa harus memiliki inovasi sesuai dengan bidangnya. Menurutnya, pengurus UKM/UKK jangan terjebak pada program kerja yang telah ada sebelumnya. “Biar tidak monoton, mahasiswa harus mengembangkan inovasi baik untuk dirinya maupun pada organisasinya,” tegasnya dihadapan para mahasiswa tersebut.

Kasubdit sarpras dan kemahasiswaan ini juga berpesan agar organisasi kemahasiwaan ini dapat menjadi pusat informasi sesuai dengan bidangnya. Di samping itu, budaya ilmiah seperti diskusi juga harus dihidupkan, karena ini melatih cara berpikir dan bicara secara sistematis.

Pembinaan UKM/UKK atau organisasi intra kampus lainnya akan dibina untuk meningkatkan prestasi akademik dan minat bakat. Mahasiswa juga diminta turut serta dalam menangkal gerakan radikal secara objektif yang dapat mengganggu dan menghancurkan kehidupan berbangsa da bernegara.

Senada dengan itu semua, WR III menekankan pentingnya peningkatan prestasi dan inovasi dari mahasiswa. Pimpinan UIN, menurut WR III memiliki komitmen untuk memajukan kegiatan akademik dan kemahasiswaan. Di singgung juga soal sarana dan prasarana yang direncanakan akan dibangun sport center pada 2018. (NF)