80 Mahasiswa Ikuti Test Beasiswa BI

09 Juni 2017

UIN RIL, Bandar Lampung – Sebanyak 80 mahasiswa UIN Raden Intan dari beragam prodi tertentu jalani test beasiswa Bank Indonesia (BI), Kamis (8/6/2017), di gedung ICT lt.3. Mahasiswa yang ikut test ini yang telah lolos dalam pemberkasan dan persyaratan administrasi.

Bank Indonesia memberikan beasiswa untuk mahasiswa dari beberapa prodi tertentu dan telah menempuh 3 semester  atau minimal 40 SKS. Prodi yang diberikan beasiswa tersebut  yaitu prodi Muamalah di Fakultas Syariah dan Hukum; Prodi Akuntansi, Manajemen, Perbankan Syariah dan Ekonomi Islam di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam; Prodi Pendidikan Matematika di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta Prodi Komunikasi Penyiaran Islam di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Persyaratan lain yang pada beasiswa ini diantaranya memiliki IPK minimal 3.00 Skala 4, tidak sedang menerima beasiswa atau bekerja pada lembaga lain yang terikat, berasal dari keluarga yang ekonominya kurang mampu dan mendapat surat rekomendasi dari fakultas masing-masing.

Kabag Akademik dan Kemahasiswaan Drs. Azis Mohadi, MM menjelaskan, pemberian beasiswa ini tidak dapat di intervensi oleh pihak UIN. “Semua penerima (beasiswa) diputuskan oleh pihak BI. Kita (pihak kampus) hanya menjembatani saja antara pihak BI sebagai pemberi dengan mahasiswa yang akan menerima beasiswa tersebut,” ujar Azis, Jum’at (9/6) pagi.

Ia juga memaparkan, bagian akademik hanya sebagai pengumpul berkas dan penyeleksian administrasi. Selebihnya, dikembalikan kepada pihak BI untuk memutuskan kepada siapa beasiswa akan diberikan usai mahasiswa kandidat penerima jalani test.

Pendaftaran beasiswa BI ini dibuka sejak 17 hingga 31 Mei 2017 dan diumumkan secara resmi pada fakultas-fakultas,  melalui website serta media sosial UIN Raden Intan.

Jumlah bantuan yang akan diberikan kepada penerima beasiswa yakni Rp750 ribu setiap bulan selama setahun. Beasiswa ini akan diberikan kepada 40 mahasiswa yang lulus test dan lengkap persyaratan administrasi. (NF)