Deputi OJK Isi Kuliah Umum FEBI

12 Oktober 2017

Humas UIN RIL – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Intan Lampung kembali selenggarakan kuliah umum, Kamis (12/10/2017), di GSG kampus setempat.

 

Kuliah umum yang mengangkat tema "Peran OJK dalam Meningkatkan Investasi di Sektor Keuangan Syariah" diikuti oleh mahasiswa baru FEBI tahun akademik 2017/2018.

 

Narasumber pada kegiatan ini yaitu Deputi Komisioner OJK Institut Bapak Sukarela Batunanggar. Selain mahasiwa sebagai peserta, hadir juga Kepala OJK Perwakilan Lampung, Wakil-wakil Rektor UIN dan Dekan FEBI beserta jajaran.

 

Wakil Rektor (WR) I Dr. Syamsuri Ali, M.A menuturkan, sebagai fakultas baru, FEBI cukup aktif dalam selenggarakan kegiatan-kegiatan akademik seperti kuliah umum dan seminar. “Dengan adanya kuliah umum ini semoga dapat kita ambil ilmunya dan bisa bermanfaat,” katanya saat memberikan sambutan mewakili Rektor. 

 

Menurut WR I, tema dan narasumber pada kuliah umum tersebut cukup relevan dengan perkembangan UIN. “Kehadiran OJK ini bisa kita (UIN) tindaklanjuti untuk kerjasama pada bidang-bidang terkait,” ungkapnya.

 

Syamsuri menjelaskan bahwa UIN saat ini sedang berproses dalam pengembangan kelembagaan sesuai Peraturan Menteri Agama RI Nomor 22 tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja UIN Raden Intan Lampung. Salah satu dari pengembangan kelembagaan tersebut yaitu Pusat Pengembangan Bisnis dan Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir.

 

Tujuan diselenggarakannya kuliah umum tersebut yaitu untuk memberi pemahaman dan wawasan kepada peserta khususnya mahasiswa baru terkait peran OJK pada  sektor investasi keuangan syariah.

 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel. Kemudian mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, serta mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

 

OJK mempunyai fungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan. (NF/FM)