Menteri Agama RI Melaunching SPAN-UM PTKIN 2018

29 Januari 2018

Jakarta, Humas UIN RIL – Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin secara resmi melaunching penyelenggaraan Seleksi Prestasi Akademik Nasional - Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) di Auditorium H. M. Rasjidi, Gedung Kemenag Jakarta, Senin (29/1).

 

Menag berpesan agar pimpinan PTKIN untuk membuat tim khusus untuk promosi ke sekolah-sekolah. "Sosialisasi melalui media itu baik, tapi perlu juga promosi ke madrasah, pondok pesantren dan sekolah," kata Lukman saat memberikan arahan SPAN-UM PTKIN dihadapan pimpinan PTKIN.

 

Menag juga menyampaikan, SPAN-UM PTKIN hakekatnya ialah hajat rutin nasional yang dikelola dan dirancang secara sistematis dan profesional. Pelaksanaan seleksi yang diselenggarakan secara nasional dan serentak ini diharapkan dapat menjaring siswa-siswi terbaik dari setiap sekolah.

 

Prof. Dr. Musafir, M.Si selaku Ketua Umum SPAN-UM PTKIN 2018 mengapresiasi kepada pihak Kemenag dan pimpinan PTKIN yang terus mendukung panitia dalam mempersiapkan SPAN-UM PTKIN secara matang. Menurutnya, SPAN-UM PTKIN ini akan membuka seluas-luasnya akses untuk anak bangsa yang mendaftar. “PTKIN akan menjadi gerbang masa depan insan paripurna,” ujarnya saat melaporkan persiapan SPAN-UM PTKIN saat launching.

 

Rektor UIN Alauddin Makassar ini juga menjelaskan bahwa SPAN-UM PTKIN dilaksanakan secara serentak secara nasional dan tidak dipungut biaya. “Biaya SPAN ditanggung oleh pemerintah. Penyelenggaraan SPAN pun harus profesional, transparan dan tidak diskrimiatif,” terangnya.

 

Berdasarkan data SPAN tahun 2017, jumlah pendaftar sebanyak 157.039 peserta dan tahun ini ditargetkan 175 ribu peserta. Bahkan Menag menargetkan peserta pendaftar SPAN menjadi 200 ribu peserta. Untuk jadwal dan informasi detail terkait SPAN-UM PTKIN dapat diakses pada laman http://span-ptkin.ac.id/ dan http://um-ptkin.ac.id/.  (NF/HI)