Rektor UIN Sambut Penawaran Kerjasama Arab Saudi

01 Februari 2018

Humas UIN RIL – Perwakilan dari Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia kunjungi UIN Raden Intan Lampung untuk membahas tindak lanjut kerjasama, Kamis (2/1/2018). Kunjungan tersebut merupakan kunjungan balasan pimpinan UIN Raden Intan Lampung atas undangan  duta besar ke Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada 23 Januari lalu.

 

Muhammad Bakkar Albannawi yang mewakili Duta Besar Arab Saudi menyampaikan terimakasih atas sambutan pimpinan UIN Raden Intan. “Kami tidak menyangka akan disambut oleh rektor dan pimpinan UIN lainnya seperti ini. Saya sangat mengapresiasi sambutan ini. Orang Indonesia sangat ramah dan murah senyum,” kata Bakkar mengungkapkan perasaannya saat ramah tamah dengan pimpinan UIN di ruang sidang rektorat lt.3 kampus setempat.

 

Konsulat Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia itu juga membawa pesan dari Duta Besar Osamah bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi terkait penawaran dan kerjasama antara kedutaan dengan UIN. “Kami akan sampaikan ke Bapak Duta Besar apa yang ditawarkan dan dibutuhkan UIN Raden Intan serta bentuk kerjasamanya nanti agar segera bisa ditindaklanjuti,” ujarnya.

 

Bakkar pun menjelaskan bahwa duta besar sangat antusias dengan Indonesia termasuk UIN Raden Intan. Ia berkeyakinan duta besar akan membantu UIN Raden Intan seperti yang telah dilakukan dibeberapa perguruan tinggi Islam di Indonesia.

 

Bentuk penawaran UIN dan kerjasama yang akan segera disampaikan ke duta besar diantaranya yaitu beasiswa untuk mahasiswa dan dosen, pertukaran mahasiswa dan dosen, bantuan pembangunan fasilitas seperti untuk fakultas dan masjid, pembangunan Saudi Corner, serta beberapa bentuk tawaran kerjasama dari kedua belah pihak yang sedang digodok.

 

“Tapi hasil pembahasan ini akan kami sampaikan ke Bapak Duta Besar di Jakarta. Kami yakin beliau mendukung, karena beliau sangat responsif,” tambah Bakkar.

 

Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag mengungkapkan rasa terima kasih dan kebanggaan atas kehadiran pihak Kedubes Arab Saudi ke UIN Raden Intan Lampung. “Kepercayaan yang baik kepada UIN Raden Intan ini tentunya akan kita tindak lanjuti,” kata Mukri.

 

Rektor pun mengatakan, sebagai kampus yang sedang tumbuh, tentunya butuh dukungan dari banyak pihak. “Tawaran bantuan dan kerjasama dari kedutaan Arab Saudi ini semoga dapat berlanjut dan membawa manfaat untuk lembaga kita ini,”  pungkas Mukri.

 

Muhammad Bakkar Albannawi datang ke UIN Raden Intan bersama Dr. Usamah selaku atase pendidikan Kedutaan Besar Arab Saudi. Selain ramah tamah dan berdiskusi, perwakilan Kedutaan tersebut juga diajak rektor dan jajaran berkeliling Kampus UIN Raden Intan Lampung. (NF/HI)