Sekjen Kemenag Ingatkan Untuk Galakkan Literasi Moderasi Agama

28 Januari 2018

Jakarta (Humas UIN RIL) – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI Prof. Dr. Nur Syam, M.Si mengingatkan seluruh Rektor dan Ketua Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk menyampaikan informasi yang positif ke masyarakat luas.

 

Materi itu dipaparkan pada Focus Group Discussion (FGD) Peningkatan Mutu Pelaksanaan SPAN-PTKIN di Hotel Sari Pan Pasific Jakarta, Minggu (28/1). “Kita harus mengabarkan kabar baik dan positif. Kita juga harus menyampaikan prestasi dan capaian yang baik ke masyarakat,” kata Nur Syam di hadapan para Rektor dan Ketua, Wakil Rektor I dan tim teknologi informatika PTKIN.

 

Sekjen juga menyampaikan pesan dari Menteri Agama untuk dapat meng-counter berita-berita negatif atau hoax yang menyudutkan Kemenag. Dikemukakan bahwa ada indikasi dari kelompok yang tidak bertanggung jawab atas banyaknya tuduhan fitnah terhadap Kemenag tersebut.

 

Disamping itu, Sekjen berharap disetiap PTKI membuat tim khusus siber yang menangani media sosial secara khusus. “Di era digitalisasi seperti saat ini, arus informasi yang tidak dapat dibendung, seperti sudah menjadi tuntutan setiap lembaga membuat semacam tim siber untuk memberikan informasi yang baik dan positif,” ujarnya.

 

Mantan Rektor IAIN (UIN) Sunan Ampel ini juga mengingatkan pentingnya menggalakkan tentang moderasi agama. Menteri Agama juga berpesan, masyarakat harus dicerdaskan dengan memperbanyak literasi agama.

 

Sementara itu Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof. Dr. Moh. Mukri, yang turut hadir dalam pertemuan itu,  menyambut baik dan mendukung inisiatif dan langkah-langkah  Menteri Agama tersebut. (NF/HI)