Dies Natalis ke-55: 55 Anak Ikuti Khitanan Massal Gratis di Klinik Pratama UIN Raden Intan

  • Admin Humas
  • Sabtu, 04 November 2023
  • 756 Tampilan
blank
Rektor UIN RIL, Kepala Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat UIN RIL bersama orangtua dan anak usai penyerahan bingkisan

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Di hari ulang tahun yang ke-55, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melalui Pusat Layanan Kesehatan Masyarakat LP2M menggelar khitanan massal gratis. Sebanyak 55 anak mendaftarkan diri di kegiatan tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan di Klinik Pratama UIN Raden Intan Lampung ini dibuka secara resmi oleh Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, Sabtu (04/11/2023).

Dalam sambutannya, Rektor mengatakan, kegiatan khitanan massal gratis ini sebagai salah satu bentuk pengabdian dan menjadi bukti kepedulian UIN Raden Intan Lampung sebagai institusi Pendidikan tinggi.

“Ini menjadi komitmen UIN Raden Intan Lampung dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara sungguh-sungguh di semua aspek kehidupan, bukan hanya di bidang keagamaan, pendidikan, ekonomi, hukum, seni, politik, tetapi juga bidang kesehatan, apalagi khitan merupakan salah satu syariat yang dianjurkan dalam Islam,” ujar Prof Wan.

Rektor menjelaskan, Khitan sebagai identitas seorang muslim, sehingga seorang mualaf (orang yang baru masuk Islam) walaupun sudah dewasa namun belum berkhitan dianjurkan untuk berkhitan. 

Hal ini lebih mendekatkan kepada kebersihan, lanjut Rektor, sehingga tidak tertinggal najis ketika membuang hadas kecil. Hasil penelitian menunjukkan, pria yang dikhitan terbukti jarang tertular infeksi melalui hubungan seksual dibanding yang tidak khitan.

Rektor juga menyampaikan bahwa khitan menjadi salah satu kewajiban bagi orangtua muslim kepada anaknya. Dengan berkhitan maka syariat islam juga turut disyiarkan, ujarnya. 

“Kepada Ananda yang dikhitan saya ucapkan selamat atas keberaniannya semoga segera sehat, kuat, menjadi anak sholeh yang cerdas dan membanggakan orang tua, negara dan bangsa,” ucap Rektor.

Pelaksanaan khitan ditangani langsung oleh tim dokter dari Khitan Lampung. Tampak hadir dalam pembukaan, Wakil Rektor II Dr Safari Daud MSosI, Wakil Rektor III Prof Dr H Idrus Ruslan MAg, Kepala Biro AAKK/Plt. Biro AUPK Dr H Abdul Rahman MPd, Ketua LP2M, Sekretaris LP2M, para Kepala Pusat LP2M, Kepala Pusba, Kabag dan Koordinator lingkungan UIN Raden Intan Lampung, serta Kepala Ma’had Al Jamiah.

Khitanan Massal merupakan satu kegiatan besar yang menjadi rangkaian kegiatan memperingati ulang tahun UIN Raden Intan Lampung ke 55 yang jatuh pada 26 Oktober 2023, setelah rangkaian kegiatan sebelumnya berupa berbagai perlombaan seperti bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, futsal, lomba mancing, lomba menghias tumpeng. Jalan sehat bersama akan menjadi puncak acara Dies Natalis ke-55 pada Minggu 6 November yang dipusatkan di Sport Center UIN Raden Intan Lampung.

(An/AH)