Home » Berita » Direktur GTK Madrasah Sampaikan 3 Hal yang Diperlukan Guru

Direktur GTK Madrasah Sampaikan 3 Hal yang Diperlukan Guru


Humas UIN RIL – Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Prof Dr Suyitno MAg ampu kuliah umum Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan untuk mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 di GSG UIN, Selasa (2/10/2018).

Kuliah umum ini mengangkat tema Strategi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) untuk Menghasilkan Guru Profesional Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Dalam menghadapi revolusi industri 4.0, Prof Suyitno menyampaikan 3 hal yang diperlukan guru. Pertama, guru harus punya kompetensi kepribadian, cirinya harus punya karakter. “Ada banyak indikator, salah satunya ada religiusitas. Calon guru dari UIN ini adalah calon guru yang berkarakter islami,” terangnya.

Ia melanjutkan, yang kedua, menurutnya guru itu harus pintar dan cerdas. “Karena guru itu akan jadi idolanya para siswa. Tempat siswa bertanya, jadi pengetahuannya pun harus luas,” imbuhnya.

“Kemudian ketiga, guru harus memiliki wawasan dan kemampuan enterpreneur. Dulu, setiap guru itu memiliki keterampilan seperti membuat kerajinan. Jadi harus pandai mengasah kemampuan. Itulah modal guru,” tambahnya.

Guru besar UIN Raden Fatah Palembang ini pun menekankan kepada mahasiswa untuk cinta tanah air. Karena hal itu dapat memperkuat karakter islami dan karakter Indonesia.

Selain mahasiswa, hadir pada kuliah umum pimpinan FTK dan Jajaran, sejumlah guru besar dan dosen di lingkungan FTK UIN Raden Intan. (NF/HI)

Sudah dibaca : 231 Kali