Home » Berita » Dorong Akses Pendidikan Melalui Beasiswa, UIN Kerja Sama Dengan Mata Garuda

Dorong Akses Pendidikan Melalui Beasiswa, UIN Kerja Sama Dengan Mata Garuda


Ketua Mata Garuda Lampung dan Rektor UIN Raden Intan Lampung usai penandatanganan MoU.

UIN Raden Intan Lampung jalin kerja sama dengan Mata Garuda, sebuah yayasan resmi di bawah pengawasan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan RI. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara kedua belah pihak di Ruang Sidang Rektorat UIN, Rabu (24/6/2020).

MoU ditandatangani oleh Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg dan Ketua Mata Garuda Lampung Mia Selvina MSAk. Kemudian dilanjutkan penandatanganan memorandum of agreement (MoA) atau Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Mata Garuda Lampung dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN.

Rektor berharap kerja sama ini dapat menginspirasi anak-anak yang kurang mampu dan memiliki potensi untuk dikembangkan dan didorong mendapat beasiswa. “Problem kita, pendidikan di Indonesia saat ini tingkat partisipasinya masih rendah. Dengan adanya kerja sama ini, semoga ada peluang dan motivasi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi,” ungkapnya.

Prof Mukri juga mengatakan bahwa kerja sama ini bagian dari ikhtiar positif dan membangun jaringan. “Manusia diciptakan untuk saling ketergantungan dan membantu. Orang menjadi hebat karena jaringan. Mari kita bangun komunikasi yang baik dengan berbagai pihak sebagai bagian dari ikhtiar,” tambahnya.

Sementara itu, Mia menjelaskan, Mata Garuda Lampung merupakan organisasi non-profit perkumpulan para penerima beasiswa LPDP yang berasal, tinggal, dan sedang on-going studi di provinsi Lampung.  Di Lampung saat ini terdapat 302 alumni LPDP atau sekitar 1,3 persen dari seluruh alumni LPDP.

Salah satu kegiatan dari Mata Garuda diantaranya seminar tentang informasi beasiswa. “Kami ingin semakin banyak anak bangsa yang bisa berkuliah ditingkat magister dan doktoral di kampus terbaik di Indonseia dan luar negeri, sehingga kualitas SDM di Indonesia semakin meningkat,” ujar Mia.

Maksud dan tujuan kerjasama ini adalah sebagai dasar untuk menyinergikan kedua institusi dalam melakukan koordinasi, perencanaan, persiapan dan pelaksanaan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dan karyawan UIN Raden Intan Lampung untuk mendapatkan kesempatan lanjut studi dengan beasiswa LPDP. Kegiatan yang dimaksud tersebut diantaranya berupa seminar beasiswa, sosialisasi beasiswa dan mentoring beasiswa LPDP.

Rangkaian MoU ini juga diselenggarakan webinar dengan tema Strategi Meraih Beasiswa Magister dan Doktoral LPDP. Kegiatan ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan diikuti hampir 300 peserta. MoU dan webinar ini ditayangkan melalui akun Facebook UIN Raden Intan Lampung.

Pembicara pada webinar tersebut yakni Dr Ruslan Abdul Ghofur MSi  (Dekan FEBI UIN Lampung); Hafiz Budi Firmansyah MSc (S3 Informatics – University of Geneva, Switzerland/Beasiswa LPDP Targeted Group); Reinaldy Pratama Poetra SSi (S2 Geoscience – University of College London/Beasiswa LPDP Reguler); Nur Endah Susilowati SPd (S2 Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia/Beasiswa LPDP Reguler); dan sebagai moderator Dr Muhammad Iqbal Fasa MEI (Dosen FEBI UIN Lampung). (NF/HI)

Download WordPress Themes
Premium WordPress Themes Download
Premium WordPress Themes Download
Download WordPress Themes
online free course
download xiomi firmware
Download Premium WordPress Themes Free
lynda course free download

Sudah dibaca : 316 Kali