Dosen Arizona State University Isi Mata Kuliah Komunikasi Politik di FDIK UIN RIL

  • Admin Humas
  • Senin, 20 Mei 2024
  • 133 Tampilan
blank
Assoc Prof Peter Suwarno MA PhD saat memaparkan materi kepada mahasiswa

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Untuk menambah ilmu dan wawasan terkini tentang komunikasi politik, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) gelar Guest Lecture bertajuk Political Media and Democracy in Indonesia, Senin (20/05/2024).

Assoc Prof Peter Suwarno MA PhD, seorang Guru Besar dari Arizona State University hadir sebagai narasumber pada acara yang diadakan di Aula Fakultas setempat.

Dalam paparanya menyampaikan, inovasi teknologi digital terus bertumbuh, oleh karenanya budaya komunikasi politik juga dinamis.

Namun menurutnya, manusia perlu memiliki nilai yang dipertahankan sebagai sebuah karakter.

Ia juga berpesan kepada mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) yang hadir, dengan Mata Kuliah Komunikasi Politik agar menjaga marwah demokrasi di Indonesia.

“Dilihat dari trennya, aktor politik yang menduduki jabatan adalah dia yang punya modal finansial, kebiasaan ini perlu dirubah agar semua warga negara punya kesempatan yang sama dalam mengisi demokrasi,”  ujar tenaga pendidik di bidang pengajaran dan penelitian bahasa Indonesia, Linguistik serta Konflik & Sastra Keagamaan Asia Tenggara itu.

Wakil Dekan I Dr Mubasit MM mewakili Dekan FDIK pada kesempatan tersebut menyampaikan, kedatangan Peter Suwarno PhD diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk dapat meniti karier hingga ke luar negeri.

Dia menambahkan, Bimtek ini juga untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada mahasiswa tentang peran media dalam politik dan demokrasi. 

“Di era digital ini, media memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk opini publik dan mempengaruhi proses politik. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk memahami bagaimana media bekerja dan bagaimana media dapat digunakan untuk memperkuat demokrasi,” jelas Mubasit. (Rls/An/AH)