Home » Berita » Dosen dan Mahasiswa Kampus Tertua Di Brunei Kunjungi UIN

Dosen dan Mahasiswa Kampus Tertua Di Brunei Kunjungi UIN


Foto bersama perwakilan sivitas Akademika UIN Raden Intan dengan sivitas akademika KUBU-SB di GSG Fakultas Syariah, Jumat (20/9).

UIN Raden Intan Lampung menerima kunjungan dari rombongan Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU-SB) Brunei Darussalam, Jumat (20/9). Kunjungan tersebut diterima dan didampingi oleh Wakil Rektor (WR) III UIN Prof Wan Jamaluddin PhD dan Wakil Dekan (WD) I Fakultas Syariah (FS) Dr Khumaidi Jafar.

Dr H Noralizam bin H Ali Akbar selaku ketua rombongan yang juga Pengarah Ilmu Teras Fakulti Syariah KUBU-SB mengaku sangat terkesan dengan UIN Raden Intan Lampung. “Saya sangat terkesan dengan UIN Raden Intan Lampung. Kampusnya besar, bersih, mahasiswanya banyak, masjidnya indah, dan pendidikan agamanya juga bagus,” katanya.

Dia menyampaikan bahwa KUBU-SB merupakan sebuah universitas di Brunei Darussalam yang melahirkan guru-guru dalam bidang agama (Islam). Berdasarkan sejarah, KUBU-SB juga sebagai institusi pendidikan tinggi pertama di Brunei yang berdiri 1972.

“Nama awalnya Maktab Perguruan Ugama Seri Begawan. Pada 2007, sesuai keputusan Raja Brunei baru berubah menjadi KUBU-SB,” ceritanya singkat.

Dr H Noralizam juga berkesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai pendidikan dan ekonomi syariah di GSG FS yang dihadiri mahasiswa FS, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), serta mahasiswa Fakultas Adab.

Rombongan KUBU-SB bersama WR III dan WD I FS di depan rektorat UIN Raden Intan.

Kunjungan KUBU-SB ke Indonesia juga dalam rangka memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana tsunami di Lampung Selatan dan Banten yang terjadi pada Desember 2018. Di samping itu, sebagai penjajakan untuk kerjasama antara KUBU-SB dan UIN Raden Intan Lampung.

Sebelum berkunjung ke UIN, rombongan dari KUBU-SB bertandang ke lokasi terdampak tsunami di Yayasan Panti Asuhan Nurul Islam Kalianda, Lampung Selatan. Kunjungan ke Kalianda itu didampingi oleh WR III dan WD III FEBI UIN Dr Isnaeni MAg.

Terkait dengan kerjasama, Prof Wan Jamaluddin menyampaikan, dijadwalkan Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg diundang oleh KUBU-SB pada medio Oktober 2019 untuk melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di kampus setempat, Brunei Darussalam.

Ketua rombongan KUBU-SB didampingi WR III UIN saat mendatangi lokasi korban tsunami di Yayasan Panti Asuhan Nurul Islam Kalianda, Lampung Selatan, Jumat (20/9).

“Kerjasama nanti dalam bidang penelitian dan publikasi ilmiah, pertukaran mahasiswa dan dosen, serta hal lain yang berkaitan dengan tridarma perguruan tinggi,” kata WR III.

Selain penandatanganan MoU, Rektor UIN juga diminta membawa toga kebesaran UIN dan menyampaikan pidato pada acara wisuda dan harlah kampus tersebut. (NF/HI)

Sudah dibaca : 230 Kali