Home » Berita » Dosen dan Mahasiswa PPs UIN Sampaikan Materi Pada Dua Universitas Negeri di Malaysia

Dosen dan Mahasiswa PPs UIN Sampaikan Materi Pada Dua Universitas Negeri di Malaysia


Prof. Tulus presentasikan materi di UiTM Malaysia. (Dok: Istimewa)

Humas UIN RIL – Akademisi UIN Prof Dr Tulus Suryanto  MM Akt CA   beserta dosen dan mahasiswa Program Pascasarjana (PPs) UIN Prodi Magister Ekonomi Syariah (MES) melaksanakan agenda tahunan prodi yaitu visit academic. Visit academic tahun ini dilaksanakan di USM (Universiti Sains Malaysia) dan di UiTM (Universiti Teknologi Mara) Cawangan Pulau Penang.

Dalam kunjungannya di USM, Prof Tulus yang secara khusus diundang sebagai pembicara utama menyampaikan, ceramah akademik  tentang tehnik penulisan international academic writing untuk publikasi internasional bereputasi.  Selain itu, dalam kesempatan yang sama Ketua Prodi MES UIN ini juga melakukan penandatanganan Letter of Intens (LoI) dengan Islamic Development Management Studies-Universiti Sains Malaysia (ISDEV-USM).

Mahasiswa Magister Ekonomi Syariah presentasikan makalah di UiTM Malaysia.

LoI ini merupakan ketertarikan kedua belah pihak dalam bidang diantaranya penelitian bersama, pertukaran dosen dan mahasiswa, kolaborasi penyelenggaraan simposium atau konferensi, dan kolaborasi publikasi terindeks internasional bereputasi yang dapat dikembangkan melalui kerjasama.

Di UiTM, selain Prof Tulus memberikan ceramah akademik terkait pentingnya teknologi  dalam menopang kemajuan perekonomian, mahasiswa MES juga ikut berpartisipasi dalam konferensi internasional yang bertema cultivating creativity and innovation through digital transformation. Mahasiswa  MES UIN yang terdiri dari Basrowi, Julianas, Anita Wulandari, dan Pertiwi Utami mempresentasikan makalah tentang Perkembangan Fintech Di Indonesia: Fenomena Distruptive Teknology Dan Analisis Risiko.

Di samping itu, mahasiswa juga melihat beberapa aplikasi program komputer yang sudah mulai diterapkan antara lain aplikasi untuk mempermudah perhitungan kewajiban zakat dan pajak yang dibebankan kepada warga negara di Malaysia, serta program TI yang sedang dikembangkan UiTM dalam bidang perekonomian. (NF/HI)

 

 

 

 

 

 

 

 

Sudah dibaca : 418 Kali