Dosen FEBI UIN RIL Wakili Indonesia dalam Program YSEALI di Hanoi Vietnam

  • Admin Humas
  • Kamis, 30 Mei 2024
  • 63 Tampilan
blank

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Mia Selvina MSAk, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), menjadi delegasi dalam acara internasional prestisius, YSEALI (Young Southeast Asian Leaders Initiative) Innovating International Higher Education. Acara ini diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat di Hanoi, Vietnam, dan berlangsung selama lima hari, mulai dari 15 hingga 19 Mei 2024.

Acara YSEALI Innovating International Higher Education diikuti oleh 75 profesional muda yang bergerak di bidang pendidikan tinggi dari berbagai negara di ASEAN, yang terpilih melalui seleksi ketat dari ratusan pelamar. Program ini ditujukan bagi para profesional di bawah usia 35 tahun yang berkomitmen untuk melakukan inovasi dalam sistem pendidikan tinggi melalui penguatan kolaborasi internasional.

Selama kegiatan ini, peserta berkesempatan untuk berjejaring, berdiskusi, dan berkolaborasi dengan akademisi dan praktisi pendidikan dari berbagai universitas dan lembaga di ASEAN. Selain itu, peserta juga mengikuti seminar tentang inovasi pendidikan yang dibawakan oleh profesor ternama dari berbagai kampus dunia dengan empat subtopik utama:

  1. Internasionalisasi dalam Kurikulum
  2. Internasionalisasi dalam Digitalisasi dan Berbagi Sumber Daya
  3. Inklusivitas dan Keberagaman dalam Pendidikan Tinggi Internasional
  4. Menanamkan Budaya Kewirausahaan & Inovasi dalam Pendidikan Tinggi

Pada acara tersebut, Mia Selvina memanfaatkan kesempatan untuk mempromosikan inovasi pendidikan tinggi di UIN Raden Intan Lampung melalui kegiatan Market Place yang diadakan di National Economics University. Ia memperkenalkan kemegahan dan keasrian kampus UIN RIL yang telah memenangkan penghargaan UI GreenMetric, serta membuka komunikasi dengan berbagai kampus di ASEAN untuk menjajaki peluang kolaborasi internasional.

blank

Kegiatan ini diakhiri dengan Gala Night, peserta diberi kesempatan untuk mempromosikan budaya negara asal masing-masing. Mia Selvina mengenakan baju adat Lampung modern dan berkesempatan menjadi moderator untuk mempromosikan keanekaragaman budaya Indonesia kepada peserta dari negara-negara ASEAN lainnya, termasuk Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Timor Leste.

Selama sesi penutupan, peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan ide proyek yang berkaitan dengan kolaborasi antar negara di ASEAN. Beberapa hasil konkret yang telah dilaksanakan antara lain kolaborasi seminar dan workshop antar universitas di ASEAN, serta kursus bahasa Inggris gratis untuk mahasiswa di negara-negara ASEAN selama satu bulan. Untuk UIN Raden Intan Lampung, saat ini sedang dalam proses menjalin kolaborasi tridarma perguruan tinggi dengan National Economics University.

Nama-nama pembicara ternama yang hadir dalam kegiatan ini antara lain Ms. Hoang Tuyet (Director of Library, University of Economics in HCMC), Assoc. Prof. Ashish Sood (University of California Riverside, USA), Prof. Randy L. Bell (Oregon State University), Mr. Gomer Padong (Ateneo de Manila University, Philippines), Assoc. Prof. Markus David Taussig (Rutgers Business School), dan Dr. Eric D. Olson (VinUniversity & Metropolitan State University of Denver), serta banyak lainnya.

blank

Partisipasi Mia Selvina dalam acara internasional ini tidak hanya mengharumkan nama UIN Raden Intan Lampung, tetapi juga menjadi langkah penting dalam memajukan pendidikan tinggi di Indonesia melalui kolaborasi dan inovasi internasional. (Rls)