Home » Berita » Dua Prodi UIN Kembali Terakreditasi A

Dua Prodi UIN Kembali Terakreditasi A


HUMAS UIN RIL – Sebanyak dua program studi di UIN Raden Intan Lampung meraih akreditasi sempurna, A. Dengan keluarnya akredtiasi itu, total prodi terakreditasi A di kampus yang dipimpin Prof. Dr. Moh. Mukri, M.g, tersebut menjadi sembilan.

Prodi yang baru saja terakreditasi A adalah Prodi Akidah Filsafat Islam di Fakultas Ushuludin dan Studi Agama. Prodi ini mendapatkan akreditasi A dengan nilai 364. Kemudian, prodi kedua yang meraih akreditasi A adalah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Prodi ini terakreditasi A dengan nilai 361.

“Pertama, atas nama pimpinan, saya mengucapkan selamat kepada Prodi KPI dan AFI, selamat kepada Pak Dekan yang tahun ini prodinya mendapatkan akreditasi  maksimal dari BAN-PT. Tentu ini harus kita syukuri bersama, sekaligus untuk meningkatkan kinerja kita untuk meningkatkan pelayanan dan pengabdian lebih baik lagi kepada masyarakat,” kata Rektor, Selasa, (5/3/2019).

Menurutnya, akreditasi A tersebut merupakan tren positif bahwa UIN Raden Intan pada tahun 2019 lebih dari 50% prodinya terakreditasi A. “Terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja serius, sungguh-sungguh dan fokus untuk mewujudkan ini semua,” ujarnya.

Saat ini, setidaknya sudah ada Sembilan prodi yang terakreditasi A. Selain kedua prodi di atas, prodi lainnya yang lebih dahulu terakreditasi A yakni Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) S1 dan S2, Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Hukum Keluarga (Al-Akhwal Asy-Syakhsiah), Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah), dan Prodi Studi Agama-agama (SAA).

Jalur SPAN-PTKIN

Sementara itu, jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPAN-PTKIN) resmi ditutup pada 3 Maret 2019 pukul 24.00. Dari rekapitulasi tersebut, pendaftar UIN mencapai 16924 yang didistribusikan dari 31 dari 34 provinsi se-Indonesia. Itu menunjukkan terjadi grafik peningkatan yang signifikan.

“Grafik pendaftar UIN setiap tahun selalu naik. Tahun ini, angkanya cukup spektakuler. Arti Raden Intan Lampung sudah dikenal masyarakat dari seluruh Indonesia, ” kata Rektor.

Tahun sebelumnya, pendaftar UIN jalur SPAN-PTKIN dapat memindahkan 11974 jiwa. Rektor mengatakan, perkembangan dan kemajuan di UIN merupakan komitmen dan tanggung jawab bersama. “Ini tidak terlepas dari kesuksesan kita. Orientasi kita (UIN) adalah kualitas, ” ujarnya.

Jadwal SPAN-PTKIN selanjutnya yaitu proses seleksi 8 – 22 Maret 2019; Mengumumkan hasil pemilihan 1 April 2019; dan daftar ulang peserta 6-10 Mei 2019. Selain SPAN-PTKIN, UIN masih memiliki dua jalur masuk yaitu Ujian Masuk (UM) PTKIN dan UM-Lokal (SPMB Mandiri). UM-PTKIN akan dibuka 2-29 April 2019. Informasi terkait terkait hasil SPAN-PTKIN, pendaftaran UM-PTKIN dan SPMB Mandiri akan diakses melalui laman www.radenintan.ac.id dan media sosial resmi Raden Intan Lampung UIN. (FM/HI)

Sudah dibaca : 1132 Kali