Dukung Kampus Berkelanjutan, UIN RIL Pilih Duta Lingkungan 2023

  • Admin Humas
  • Senin, 14 Agustus 2023
  • 670 Tampilan
blank
Prosesi penjurian Duta Lingkungan 2023

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Sebagai ajang tahunan, Pemilihan Duta Lingkungan UIN Raden Intan Lampung (RIL) memasuki babak Grand Final pada Senin, 14 Agustus 2023. Acara tersebut diselenggarakan di ballroom kampus setempat.

Kegiatan ini diinisasi oleh Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL) untuk menjaring mahasiswa yang mempunyai andil dalam pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

Grand final tersebut dikemas dalam beberapa sesi. Diantaranya, fashion show dengan running announcementdan perkenalan peserta. Dari 45 finalis, diumumkan 6 pasang (putra dan putri)  yang masuk pada tahap penilaian. 

Sebelum merebutkan posisi pemenang, 6 pasang finalis tersebut diajukan pertanyaan mengenai pengetahuan dan wawasan lingkungan dari para dewan juri yang terdiri dari Kepala Subbagian Kemahasiswaan Devitha Anggun SE MM, dr Rika Damayanti MKep NSSpKepJ selaku Sekretaris Unit Penjaminan Mutu, Dewan Penasehat Dr Eko Kuswanto MSi, dan Suci Wulan Pawhestri MSi Ketua TPKBBL

Kepala Biro AAKK/Plt.AUPKK UIN RIL Dr H Abdul Rahman MPd mewakili Rektor mengapresiasi kegiatan ini sebagai wujud pengembangan kampus hijau UIN RIL. “Dengan adanya pemilihan Duta Lingkungan ini, mampu mendukung sustainabilitydi kampus hijau kita UIN Raden Intan,” katanya.

Dalam sambutannya ia menyampaikan, isu lingkungan merupakan sesuatu yg sangat fundamental di dalam kehidupan. Menurutnya, mengembangkan isu lingkungan itu menjadi isu yang positif bagi kelangsungan hidup kita.

“Lingkungan itu adalah segalanya bagi kita. Lingkungan itu masa depan kita. Siapa yang bisa merawat, siapa yang bisa menjaga, maka dia akan memberikan kehidupan yang lebih lama buat kita semua,” tandasnya.

Sementara Ketua Pelaksana Shinta Anisya, M.Si melaporkan, pemilihan ini sudah dimulai melalui tahapan registrasi bulan Juli lalu. Tercatat sebanyak 45 pendaftar dari 6 fakultas. Kemudian saat audisi tingkat fakultas diikuti oleh 30 orang yang memiliki pengetahuan dan wawasan tentang lingkungan. Mereka lolos administrasi dan lolos audisi melalui orasi video terkait lingkungan. 

“Para mahasiswa merupakan bagian of changeyang harus berkontribusi aktif dalam usaha pelestarian lingkungan sehingga akan ditemukan kader-kader muda penggiat lingkungan di kampus hijau kita,” terangnya.

Dia berharap, Duta Lingkungan dapat menjadi icon penggerak yang akan mengedukasi rekan-rekan mahasiswa lain untuk mendukung konsep sustainabilitydi Kampus UIN RIL. Tak hanya itu, mereka pun bisa menjadi icon bertahan di masyarakat.

blank
Dr H Abdul Rahman MPd saat menyerahkan penghargaan kepada Juara 1 Duta Lingkungan UIN RIL.

Adapun pemenang dari Duta Lingkungan Tahun 2023 diraih oleh:

  1. Juara 1 : Albiman Saputra (Fakultas Syariah) dan Restiya Arditha (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan)
  2. Juara 2: Alvin Destian Ronaldi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) dan Aulia Anisa Risky (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan)
  3. Juara 3: Fahrizal Sahdan (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan) dan Stefany Angelica (Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama)
  4. Juara Harapan 1 : Amri Saputra (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan) Putri: Rahma Faradila (Fakultas Syariah)
  5. Juara Harapan 2: Ashariyansah (Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama) dan Rohmah Cindya Eka Putri (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan)
  6. Juara Harapan 3 : Fariq Syah Putra (Fakultas Adab) dan Silvyani Yasyfa (Fakultas Adab) (An/AH)