Fakultas Adab Perdana Selenggarakan PBAK

  • Admin Humas
  • Selasa, 06 Agustus 2019
  • 3749 Tampilan
blank
Dekan FA Dr. Mahmudin Bunyamin, Lc, MA (kanan) dan Wakil Dekan III FA Dr. Amiruddin, MA saat apel PBAK 2019 FA. (Dok. Ist)

Sebagai fakultas baru, Fakultas Adab (FA) perdana selenggarakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2019. Sekitar 65 calon mahasiswa baru ikuti PBAK dari dua prodi yakni prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) serta prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI).

Hari kedua PBAK, selasa (6/8), agenda PBAK berfokus di tingkat fakultas dan prodi. Untuk Fakutas Adab berlangsung di aula Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) dan dibuka secara langsung oleh Dekan Dr Mahmudin Bunyamin Lc MA beserta wakil dekan, ketua dan sekretaris prodi.

Mahmudin Bunyamin menuturkan, gedung FA sedang dalam proses pembangunan. Sementara, FA menggunakan gedung FUSA.

Di samping itu, Dekan FA juga menyampaikan bahwa ke depannya fakultas adab akan menambah prodi baru. “Akan ditambah (pengajuan) prodi Sastra Arab, Sastra Inggris, dan Bahasa Lampung,” terangnya.

Adapun visi FA yaitu menjadi pusat kajian dan pengembangan budaya serta literasi Islam yang unggul dan kompetitif serta berwawasan global dengan berbasis kearifan lokal pada tahun 2031.

Sedangkan misi FA yaitu pertama, menyelenggarakan pendidikan dalam bidang budaya dan literasi Islam yang terkontektualisasi dengan keislaman dan kemoderenan yang berpijak pada nilai-nilai lokal. Kedua, mengembangkan kajian dan penelitian bidang budaya dan literasi Islam secara integratif serta holistik yang berorientasi pada pengembangan khazanah lokal.

Ketiga, menyebarkan hasil kajian keilmuan bidang budaya dan literasi Islam melalui program pengabdian masyarakat, terutama dalam konteks pengembangan khazanah Islam lokal. Dan keempat, melakukan kerjasama dengan lembaga pendidikan dan non-pendidikan dalam rangka meningkatan mutu baik di tingkat nasional dan  internasional.

Reporter : Denisa Arwanita

Editor : NF/HI