Home » Berita » Fakultas Syariah Bahas Problematika Hukum Keluarga di Era Kontemporer

Fakultas Syariah Bahas Problematika Hukum Keluarga di Era Kontemporer


Dekan FS Dr. Khairudin Tahmid, MH saat sampaikan sambutan pada kuliah umum FS, Senin (16/9).

Fakultas Syariah (FS) UIN Raden Intan Lampung selenggarakankuliah umum tentang Problematika HukumKeluarga di Era Kontemporer. Kuliah umum yang berlangsung di GSG UIN, Senin(16/9), diikuti oleh mahasiswa FS tahun akademik 2019/2020.

Hadir sebagai narasumber yakni Prof Dr Khoiruddin NasutionMA, guru besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang juga sebagai Ketua UmumAsosiasi Dosen Hukum Keluarga Islam Indonesia (ADHKI).

Dekan FS Dr Khairudin Tahmid MH dalam sambutan mengatakan, tema kuliah umum relevan dengan perkembangan zaman saat ini. Menurutnya, problem hukum keluarga di era kontemporer berdampak pada pembaharuan hukum keluarga.

“Praktek (hukum keluarga) dalam kenyataan selalu dinamis danberkembang. Sementara aturan dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentangPerkawinan, sudah 45 tahun belum ada revisi. Demikian juga kompilasi hukum Islam(lainnya), sedangkan perkembangan sangat dinamis,” katanya.

Dekan FS ini juga mengajak untuk menyikapi hukum keluarga secaraobjektif dan proporsional sesuai dengan latarbelakang kita di kampus sebagai dosenatau mahasiswa.

Sedangkan menurut Wakil Rektor (WR) III Prof Wan JamaluddinPhD yang hadir membuka kuliah umum tersebut menyampaikan, tema kuliah umum inisangat menarik mengingat derasnya laju revolusi industri 4.0.

“Masa-masa era disrupsi, ini juga menghantam pilar-pilar intikehidupan tatanan sosial yang paling kecil yaitu rumah tangga dan keluarga. Makatidak heran banyak gonjang-ganjing seperti perjodohan, percintaan di dalam Islam,isu rumah tangga, dan perceraian di masyarkat tanah air kita,” kata Prof Wanyang menganggap isu problematika hukum keluarga ini sangat penting untukdibahas.

Lebih lanjut, WR III berharap agar kita dapat tingkatkan skill dan pengetahuan literasi di era disrupsi. “Agar kita tidak mudah diombang-ambingkan dan diterpa oleh isu yang sifatnya musiman atau sesaat belaka. Mari kita tingkatkan kajian yang komprehensif,” jelasnya.

Prof Wan juga menyampaikan bahwa narasumber pada kuliah umumtersebut merupakan salah satu orang yang berjasa dalam menyusun naskah akademiksaat membuka prodi program pascasarjana S2 dan S3 Hukum Keluarga Islam UIN RadenIntan Lampung. (NF/HI)

Sudah dibaca : 2842 Kali