Fakultas Syariah Gelar Visiting Lecture, Pakar Manuskrip Kuno Rusia Berbagi Pengalaman

  • Admin Humas
  • Sabtu, 06 Juli 2024
  • 30 Tampilan
blank

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menggelar Visiting Lecture dengan menghadirkan narasumber dari St. Petersburg State University Rusia, Prof Irina R Katkova PhD. Acara yang berlangsung di GSG Fakultas Syariah ini dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa dengan penuh antusias, Kamis (04/07/2024).

Prof Irina, seorang guru besar dalam kajian ketimuran dan sejarah, berbagi pengalamannya bahwa ia telah mengabdikan diri selama lebih dari 15 tahun untuk meneliti dan menerjemahkan manuskrip kuno ke berbagai bahasa. 

Beberapa kekayaan manuskrip kuno di Indonesia yang pernah ia temukan dan kaji adalah sejumlah naskah kuno yang berada di Cirebon dan Jakarta. Bahkan, naskah kuno dari Palembang menjadikannya tertarik untuk mendalami dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris dan Rusia.

Dalam paparannya, Prof Irina menekankan pentingnya pelestarian dan pengembangan studi naskah-naskah kuno Melayu. Ia menyebutnya sebagai warisan budaya bangsa yang tak ternilai dan perlu dijaga kelestariannya. Manuskrip Melayu, menurutnya, merupakan harta karun yang menyimpan pengetahuan dan sejarah leluhur bangsa, sehingga mempelajarinya menjadi kunci untuk memahami identitas dan jati diri bangsa.

blank

Lebih lanjut, Prof Irina menyampaikan pesannya kepada para dosen dan mahasiswa untuk terus mempelajari dan mengkaji naskah-naskah kuno. Kemampuan membaca dan memahami naskah kuno,  diyakininya,  menjadi hal yang esensial untuk menghubungkan peradaban masa lampau dengan masa kini dan masa depan.

Dekan Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung, Dr Efa Rodiah Nur MH menyambut baik kehadiran Prof Irina dan mengapresiasi pengetahuannya yang luas tentang manuskrip kuno. Dekan berharap Visiting Lecture ini dapat memotivasi para dosen dan mahasiswa untuk semakin giat dalam meneliti dan melestarikan warisan budaya bangsa.

Acara Visiting Lecture ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang antusias dari para peserta. (An/AH)