Fesfis Tanamkan Nilai-Nilai Islam

  • Admin Humas
  • Rabu, 17 Juli 2019
  • 3532 Tampilan
Penampilan Paduan Suara di acara Festival Film Islami (Fesfis) Lampung 2019. (Dok. Istimewa)

Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKM-F)  Rumah Film KPI UIN Raden Intan Lampung sukses menggelar kegiatan Festival Film Islami (Fesfis) Lampung 2019. Mengusung tema Dakwahtainment : Mengomunikasikan Nilai-Nilai Islam Melalui Pesona Film,  acara yang dilaksanakan pada 13 Juli 2019 di Gedung Dewan Kesenian Lampung ini di ikuti oleh para peserta yang berasal dari penjuru negeri tanah air.

Bahkan tercatat peserta terjauh berasal dari Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan. Adapun penghargaan yang diberikan terdapat 6 nominasi, yaitu Sutradara Terbaik, Penulis skenario Terbaik, Film Pelajar Terbaik, Film Favorit Nasional, Film Terbaik Lampung, dan Film Terbaik Nasional.

Hadir diacara tersebut Dewan juri, Ketua Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Yunidar Cut Mutia MSosI dan Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Raden Intan Lampung Dr. Abdul Syukur, M. Ag. Di samping itu, hadir juga founder, demisioner, anggota dan para alumni Rumah Film KPI.

Fesfis Lampung tahun ini disambut sangat antusias, mulai dari panitia penyelenggara pelaksana, para dosen di UIN Raden Intan Lampung sampai peserta Fesfis.

Menurut salah satu peserta yang disapa Mas Kutub, mengungkapkan keseruan dan kenyamanan mengukiti acara tersebut. Panitia menyajikan hiburan seperti puisi, paduan suara, beatbox dan akustik band.

Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Islam yang tidak hanya dapat disampaikan melalui mimbar saja namun juga ditanamkan dalam wujud sebuah film sebagai salah satu media dakwah di era digital. Acara ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada  para sineas agar semangat memproduksi film-film yang mengangkat nilai-nilai Islam.

Ketua Umum Rumah Film KPI M Ihsan Fathoni mengatakan, “Alhamdulillah, untuk Festival Film Islami Lampung ini hampir semuanya berkembang dari tahun lalu. Mulai dari jumlah peserta yang ikut berpartisipasi, penyeleksian yang semakin ketat serta detail. Kemudian koordinasi penyelenggaraan lebih terstruktur, hingga teknis dan estetika acara yang juga semakin baik.”

Sementara itu, Ketua pelaksana Fesfis Lampung 2019 Faurian Al-Qudsi berharap agar pelaksanaan di tahun berikutnya akan semakin baik. Sehingga akan terus ada karya-karya film yang  mengangkat tentang nilai-nilai Islam melalui festival ini. (Rls-NF/HI)