FGD Review Maturitas BLU: Tingkatkan Tata Kelola Kampus yang Akuntabel

  • Admin Humas
  • Rabu, 26 Juni 2024
  • 50 Tampilan
blank

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melalui Satuan Pengawas Internal (SPI) menggelar Forum Group Discussion (FGD) Review Maturitas Badan Layanan Umum (BLU) di Ruang Meeting Gedung Academic & Research Center Lt.1, Rabu (26/06/2024).

FGD ini melibatkan tim dari Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Lampung dan merupakan bagian dari komitmen universitas untuk meningkatkan maturitas keuangan dan mencapai tata kelola yang akuntabel dan transparan.

Wakil Rektor II Dr Safari Daud MSosI, dalam sambutannya menyampaikan, peningkatan maturitas keuangan telah menjadi fokus utama universitas selama tiga tahun terakhir. Hal ini dibuktikan dengan grafik yang menunjukkan pencapaian signifikan dalam periode tersebut.

Dr Safari menambahkan, FGD ini bukan hanya sebatas rutinitas, melainkan langkah aktif dalam proses peningkatan maturitas BLU. Ia menekankan pentingnya menghasilkan output yang nyata dari setiap kegiatan yang dilakukan.

“Kerja keras kita dalam meningkatkan maturitas BLU telah mengantarkan institusi kita meraih akreditasi Unggul,” jelasnya. “Setiap rupiah yang kita keluarkan harus dipertanggungjawabkan dengan baik dan menghasilkan output yang jelas. Dengan demikian, institusi kita akan semakin disegani oleh pihak luar.”

Dr Safari mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim keuangan dan seluruh bidang yang terlibat yang telah bekerja keras dalam pencapaian ini.

BLU Maturity Rating merupakan sebuah penyempurnaan atas metode pengukuran kinerja BLU menjadi lebih komprehensif, yaitu tidak hanya mengukur berdasarkan hasilnya saja namun juga melihat proses dari keseluruhan manajemen yang berjalan di dalam BLU.

Tak hanya itu, BLU Maturity Rating merupakan sebuah kerangka penilaian yang berfokus pada process & performance improvement. Terdapat 5 (lima) level maturitas yang masing-masing level memiliki basis kriteria yang berlaku secara universal untuk seluruh aspek dan indikator penilaian. 

Adapun yang dinilai berdasarkan aspek keuangan, pelayanan, kapabilitas internal, tata kelola dan kepemimpinan, inovasi, dan aspek lingkungan.

Ketua Tim Review Maturitas BLU dari DJPb, Muhammad Nasir dalam sambutannya menyatakan komitmen Kanwil DJPb untuk terus mendukung peningkatan maturitas BLU di UIN Raden Intan Lampung.

Ia menuturkan, “Kami akan terus membantu dan memberikan bimbingan agar institusi ini dapat mencapai tingkat maturitas yang lebih tinggi lagi. Mudah-mudahan dengan kerjasama dan komitmen yang kuat dari semua pihak, nilai maturitas BLU institusi ini dapat terus meningkat.”

Ia menuturkan, hal ini berdasarkan Perdirjen Perbendaharaan No. PER-11/PB/2021 tentang Pedoman Penilaian Tata Kelola dan Kinerja (Tingkat Maturitas) Badan Layanan Umum. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk mengecek kesesuaian dokumen pada aplikasi Bios Kementerian Keuangan yang akan disubmit sebelum 30 Juni ini.

blank

FGD Review Maturitas BLU ini merupakan langkah penting dalam mewujudkan UIN Raden Intan Lampung yang unggul dan akuntabel dalam pengelolaan keuangannya. (An/AH)