FTK Lepas 1931 Mahasiswa PPL

  • Admin Humas
  • Senin, 28 Agustus 2023
  • 427 Tampilan
Pelepasan 1931 mahasiswa PPL Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN RIL, Senin (28/08)

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Raden Intan Lampung menggelar acara pelepasan Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Gedung Serba Guna (GSG) kampus setempat, Senin (28/08/2023).

Rektor diwakili Wakil Rektor II Dr Safari Daud MSosI melepas sebanyak 1931 mahasiswa yang akan melakukan PPL. PPL ini dimulai pada 28 Agustus 2023, dan berakhir pada 06 Oktober 2023 nanti. 

Hadir dalam pelepasan tersebut yaitu Dekan FTK, para Wakil Dekan FTK, guru pamong dan seluruh kepala sekolah/madrasah  yang akan menjadi tempat pelaksanaan kegiatan PPL.

Dalam sambutannya, Dr Safari menyambut baik kehadiran para kepala sekolah/madrasah. Dr Safari mengatakan, kegiatan PPL ini merupakan pelatihan untuk mempersiapkan para mahasiswa menjadi guru profesional. Kemudian, dia juga berharap, para mahasiswa dapat menularkan kondisi lingkungan yang asri dan bersih kampus hijau UIN Raden Intan Lampung.

Penandatanganan MoA antara Dekan FTK dengan kepala sekolah mitra FTK

Selain kegiatan pelepasan mahasiswa PPL, dalam kesempatan yang sama dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoA) antara Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN RIL dengan seluruh kepala sekolah/madrasah se-Provinsi Lampung yang bermitra.

Dekan FTK Prof Dr Hj Nirva Diana MPd menyampaikan, penandatanganan MoA antara FTK dengan sekolah/madrasah dimana para mahasiswa ditempatkan tersebut, dapat menjadi acuan sehingga ke depannya dapat melakukan berbagai macam rancangan kegiatan antara sekolah/madrasah dengan FTK UIN RIL.

Kegiatan PPL FTK tahun 2023 diikuti oleh mahasiswa semester 7 dari 12 prodi, dengan rincian prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) 275, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 105, Manajemen Pendidikan Islam (MPI) 250, Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) 219, Pendidikan Matematika (PMTK) 158, Pendidikan Biologi (PBIO) 170, Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) 126, Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) 259, Pendidikan Fisika (PFIS) 47, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 279, Sistem Informasi (Sisfo) 20, dan Biologi 19 mahasiswa.

Demikian disampaikan oleh Ketua Pelaksana Dr H Mujib MPd. Peserta nantinya akan disebar ke 157 tempat yaitu 155 sekolah/ madrasah yang ada di Provinsi Lampung terdiri dari 24 TK/PIAUD, 25 SD/MI, 48 SMP/MTS dan 58 SMA/MA/SMK. Serta Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung dan Balai Pelatihan Pertanian Lampung untuk mahasiswa Biologi.  (An/AH)