FTK Terapkan SK Dirjen Tentang Ormawa

  • Admin Humas
  • Kamis, 24 Oktober 2019
  • 3553 Tampilan
blank
WR III Prof. Wan Jamaluddin, Ph.D saat menyampaikan pengarahan di FTK. (Dok. Ist)

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) sosialisasikan dan terapkan SK Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam (Pendis) nomor 4961 tahun 2016 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Sosialisasi yang dihadiri perwakilan mahasiswa tiap prodi berlangsung di gedung dekanat setempat, selasa (22/10).

Dekan FTK Prof Dr Nirva Diana MPd menyampaikan, sosisalisasi ini merupakan langkah awal untuk menghidupkan dan membentuk kembali organisasi kemahasiswaan (ormawa) khususnya di FTK yang telah 2 tahun vakum. “Dengan acuan SK Dirjen ini akan kita terapkan dan diharapkan organisasi kemahasiswaan dapat segera terbentuk,” katanya.

Wakil Rektor (WR) III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof Wan Jamaluddin Z PhD yang hadir pada kegiatan itu menegaskan agar mahasiswa harus mengedepankan aspek spiritual, intelektual, dan intergritas. “Saat ini sudah tidak saatnya kompetisi dengan mengandalkan kekuatan otot atau fisik yang tidak sama sekali mencerminkan seorang akademisi,” ujarnya.

WR III menekankan, aspek yang ditegaskan tersebut sesuai dengan motto UIN, agar mahasiswa dapat bersaing, menciptakan karya dan prestasi, baik di tingkat nasional maupun Internasional.

Sementara, Wakil Dekan (WD) III FTK Dr Safari Daud MSos mengatakan, sesuai dengan SK Dirjen Pendis, pemilihan ketua-ketua HMJ akan dilaksanakan melalui musyawarah besar dengan sistem perwakilan mahasiswa. “Bila pemira sebelumnya yang terbang adalah kursi dan meja, maka kali ini yang akan terbang adalah intelektual mahasiswa UIN Raden Intan Lampung,” ungkapnya.

Musyawarah besar FTK akan dilaksanakan selama 11 hari di Gedung Seminar Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) mendapat jadwal hari pertama yaitu pada Rabu (23/10/2019). Hari  berikutnya disusul oleh Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Sivitas akademika FTK berharap agar musyawarah tersebut dapat berjalan dengan baik. Harapan yang sama juga disampaikan kepada fakultas yang lain agar ormawa disetiap fakultas dapat berbentuk. (Rls – NF/HI)