Home » Berita » FUSA Helat Kuliah Umum Tentang Radikalisme

FUSA Helat Kuliah Umum Tentang Radikalisme


 

Humas UIN RIL – Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Raden Intan helat kuliah umum di GSG UIN, Kamis (13/9/2018). Kuliah umum ini diikuti 892 peserta yang merupakan mahasiswa baru FUSA tahun akademik 2018/2019.

Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg yang membuka kegiatan tersebut mengapresiasi kuliah umum yang mengusung tema membendung arus radikalisme di perguruan tinggi. Menurutnya, tema itu di anggap tepat mengingat banyaknya gempuran ideologi asing yang berbalut agama untuk menganti ideologi Pancasila.

“Peristiwa di Timur Tengah seperti Syuriah dan Iraq sudah sangat jelas menggambarkan kepada kita bagaimana terjadi perang saudara yang mengatasnamakan agama. Bersyukurlah kita hidup di Indonesia dengan beragam suku, agama, dan bisa hidup berdampingan dengan rukun,” lugas rektor.

Kuliah umum ini merupakan tradisi di UIN Raden Intan khususnya awal perkuliahan tahun ajaran baru. Tema yang diusung setiap fakultas pun beragam, mulai dari wawasan kebangsaan, keislaman, sampai pada konsentrasi fokus bidang akademik masing-masing fakultas.

Hal ini pun  dikemukanan oleh Dekan FUSA Dr Arsyad Sobby Kesuma MA bahwa kuliah umum FUSA ini untuk menambah pengetahuan mahasiswa khususnya tentang kebangsaan. Dia berharap kuliah perdana mahasiswa FUSA tersebut dapat membentengi dari kegiatan radikalisme berbalut agama.

“Semoga mahasiswa peserta kuliah umum ini dapat pencerahan dan ke depannya dapat konsen dalam mengikuti perkuliahan,” tambahnya.

Kuliah umum ini menghadirkan narasumber yakni Kasat Binmas Polresta Bandar Lampung Kompol Drs Heryanto MH dan dimoderatori oleh Dr Afif Anshori MAg selaku akademi FUSA. Hadir juga pada kegiatan tersebut para pimpinan FUSA dan sejumlah dosen.  (NF/HI)

Sudah dibaca : 252 Kali