Home » Berita » FUSA UIN Jalin Kerjasama dengan Kemenag Kota Bandar Lampung

FUSA UIN Jalin Kerjasama dengan Kemenag Kota Bandar Lampung


Humas UIN RIL – UIN Raden Intan Lampung melalui Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) jalin kerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandar Lampung. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua belah pihak di Aula FU, Senin (14/5).

Wakil Rektor (WR) III Prof Dr Syaiful Anwar MPd mengapresiasi kerjasama yang digagas Dekan FUSA Dr Arsyad Sobby Kesuma MA beserta jajaran. “Kerjasama antara IAIN (UIN) dengan Kandepag (Kemenag Kota) sudah lama berlangsung sejak lama. Namun kali ini mau diperbaharui,” ujarnya mewakili rektor.

Dalam sambutannya tersebut Syaiful menjelaskan, kerjasama ini melingkupi penyelenggaraan haji dan bidang kemahasiswaan. “Selama ini fakultas ushuluddin sudah menyelenggarakan manasik dan pembinaan jamaah haji. Melalui kerjasama ini tentu akan memperkuat hal terkait,” ungkapnya.

Ia berharap, melalui kerjasama tersebut, kinerja dan tata kelola haji dapat lebih baik. Lebih dari itu,  kerjasama ini juga dapat diperluas dengan bidang kemahasiswaan. “Contohnya mahasiswa kita (UIN) yang ingin KKN atau PKL dapat terfasilitasi,” ujar WR bidang kemahasiswaan dan kerjasama itu.

Lebih lanjut, Syaiful mengungkapkan, setelah transformasi IAIN menjadi UIN, pergerakannya perkembangan lembaga relatif lebih cepat. Ia pun menambahkan agar kerjasama tersebut dapat diimplementasikan dan ada dampak baik yang bermanfaat.

Kepala Kantor kemenag Kota Bandar Lampung Drs Seraden Nihan MH dalam sambutannya mengungkapkan kebanggaan sebagai alumni FUSA IAIN (UIN) Raden Intan Lampung. “Apapun yang bisa kita lakukan untuk UIN ini, ya harus kita lakukan,” katanya sebelum penandatangan nota kesepahaman.

Seraden mengatakan, proses manasik dan bimbingan haji khususnya Kota Bandar Lampung sudah lama dilakukan dilakukan oleh FUSA. “Secara formil yakni melalui penandatanganan MoU ini. MoU ini bisa kembangkan sesuai dengan kebutuhan di masyarakat. Misal pengabdian dan pengembangan masyarakat,” imbuhnya.

Kepala Kantor Kemenag Kota ini berharap agar penandatanganan MoU tersebut tidak hanya di atas kertas, tapi dapat diimplementasikan dan bermanfaat untuk masyarakat. “Saya yakin Fakultas Ushuluddin dan UIN semakin maju. Karena pemimpinnya sangat visioner,” pungkasnya.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Dekan (WD) III FUSA, Mahmudin Bunyamin, Lc, M.A juga berharap kerjasama ini dapat segera diimplentasikan, “Kami akan segera menindaklanjuti kerjasama ini.” tegasnya via telpon kepada tim humas. Mahmudin juga menambahkan lingkup kerjasama ini selain pelaksanaan manasik haji, juga meliputi pengiriman praktek kerja lapangan (PKL), pengembangan sumberdaya manusia (SDM), dan pengabdian pada masyarakat dengan mengacu pada peraturan dan perundangan yang berlaku.

Selain WR III, Kepala Kantor Kemenag Kota dan Dekan FUSA, hadir juga pada acara tersebut Kepala Biro AAKK UIN, Kepala KUA Sukarame, Para Wakil Dekan FUSA, Kabag dan Kasubag di lingkungan UIN, calon jamaah haji, serta undangan lainnya. (NF/FM/HI)

Sudah dibaca : 422 Kali