Gandeng FKUB, UIN RIL selenggarakan TOT Penguatan Moderasi Beragama

  • Admin Humas
  • Selasa, 05 Maret 2024
  • 220 Tampilan
blank

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) untuk sekian kalinya menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) Penguatan Moderasi Beragama.

Bekerjasama dengan Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Penelitian Pengembangan dan Pendidikan dan Latihan (Balitbang dan Diklat) Kementerian Agama (Kemenag) RI, UIN RIL melalui Pusat Moderasi Beragama melibatkan kepesertaan ToT dari  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Lampung 

Pelatihan ini dilaksanakan pada 4-9 Maret 2024 di Hotel Sheraton Lampung. Peserta ToT terdiri dari sejumlah guru besar di lingkungan UIN RIL, para senior, serta para tokoh agama dari FKUB Provinsi Lampung.

Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD berharap, melalui kegiatan ini akan melahirkan trainer dan kader moderasi yang kompeten dan militan. Tentu hal ini akan sangat berpengaruh di masyarakat, sebab perguruan tinggi, ujar Rektor, merupakan kawah candradimuka, menjadi contoh teladan dan juga menjadi agen perubahan dan calon pemimpin-pemimpin bangsa.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Biro AAKK/Plt AUPK Dr H Abdul Rahman MPd mengatakan, kolaborasi ini sebagai upaya bersama dalam memaksimalkan peran FKUB dalam Penguatan Moderasi Beragama. FKUB  merupakan representasi masyarakat dalam merawat kerukunan umat beragama dan penghayat kepercayaan. 

FKUB bisa lebih fleksibel dan menyeluruh dalam penanganan isu keagamaan di suatu daerah karena keanggotaannya terdiri atas pemuka agama setempat. Diantaranya adalah tokoh komunitas umat beragama, yang kehadirannya dihormati oleh masyarakat setempat sebagai panutan.

Disamping hal tersebut, sambungnya, anggota FKUB juga memiliki peran penting dalam melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan dan kebijakan di bidang keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat. (An/AH)