Gelar Workshop Fundamental R, Prodi Pendidikan Matematika Perkuat Komputasi dalam Pengolahan Data

  • Admin Humas
  • Selasa, 07 Mei 2024
  • 177 Tampilan
blank

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) mengadakan Workshop Fundamental R dalam Pengolahan Data yang diikuti sebanyak 65 peserta di Gedung ICT Lt.3 kampus setempat.

Workshop ini menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya, yakni Gerry Alfa Dito MSi, seorang dosen dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Nampak antusiasme dari 50 mahasiswa dan 15 dosen Prodi Pendidikan Matematika yang mengikuti workshop tersebut. Hal itu dikarenakan materi yang disampaikan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan komputasi serta mempersiapkan peserta untuk bersaing dalam era revolusi industri 4.0.

Peserta langsung diajarkan mulai dari menginstal aplikasi hingga bagaimana penggunaan R untuk mengolah dan menganalisis data menggunakan aplikasi RStudio. Sehingga, nantinya para peserta dapat mengimplementasikan dalam pengolahan data pada penelitiannya.

blank

R merupakan bahasa pemrograman untuk analisis statistika dan grafik, sedangkan R Studio merupakan perangkat lunak yang bersifat open source yang tidak ada batasan dalam penggunaannya. R Studio memudahkan dalam berkomunikasi dengan R, sehingga fungsi-fungsi statistika dan data sciencebisa berjalan.

Acara yang berlangsung selama dua hari, mulai 07 hingga 08 Mei 2024 ini, dibuka oleh Dekan FTK Prof Dr Hj Nirva Diana MPd. Dekan meminta para peserta untuk berpartisipasi aktif selama workshop berlangsung.

Sementara Ketua Prodi Pendidikan Matematika Dr Bambang Sri Anggoro MPd menyampaikan, kegiatan ini sangat penting dilakukan. Menurutnya, R sangat dibutuhkan untuk pengolahan data dari informasi yang paling mudah seperti deskripsi data hingga analisis data, misalnya Anova, Ancova, Manova, analisis regresi linier maupun berganda. (An/AH)