Home » Berita » HAB Ke-74, Keshalehan Beragama Dan Loyalitas Bernegara Harus Saling Mendukung

HAB Ke-74, Keshalehan Beragama Dan Loyalitas Bernegara Harus Saling Mendukung


Rektor UIN Prof. Dr. H. Moh Mukri, MAg saat menjadi pembina upacara peringatan HAB Ke-74.

Keshalehan beragama dan loyalitas bernegara harus saling mendukung satu sama lain. “Kita dapat menjadi umat beragama yang shaleh sekaligus
menjadi warga negara yang baik,” kata Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg yang menyampaikan amanat dari Menteri Agama RI pada upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-74 di Lapangan MAN 1, Sukarame, Bandar Lampung, Jumat (3/1/2020).

Pada kesempatan tersebut, Rektor UIN bertindak sebagai pembina upacara. Upacara diikuti segenap unsur pimpinan UIN Raden Intan Lampung, Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Lampung, dan perwakilan seliruh Satuan Kerja Kementerian Agama Provinsi Lampung.

Rektor melanjutkan, penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam ‘satu kotak’ untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara.
“Penguatan identitas keagamaan bila dipisahkan dari spirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama,” katanya.

Kementerian Agama dibentuk pada 3 Januari 1946 dengan Menteri Agama pertama Haji Mohammad Rasjidi. Kementerian Agama lahir di tengah kancah revolusi fisik bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan.

Sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan, Kementerian Agama hadir dalam rangka pelaksanaan pasal 29 Undang-Undang Dasar 1945.

HAB tahun ini, Kementerian Agama mengusung tema Umat Rukun,
Indonesia Maju
. Menteri Agama mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar
menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air.

“Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional,” kata amanat Menteri Agama yang dibacakan Rektor.

Upacara HAB Ke-74 Provinsi Lampung.

Pada upacara ini, Presiden RI memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 33 dosen dan pegawai UIN yang telah mengabdi selama 10, 20, dan 30 tahun.

Hari sebelumnya, sivitas UIN bersama Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Lampung juga melakukan upacara tabur bunga di Makam Pahlawan, Kedaton, Bandar Lampung. (NF/HI)

Download WordPress Themes Free
Download Nulled WordPress Themes
Download Premium WordPress Themes Free
Premium WordPress Themes Download
udemy paid course free download
download intex firmware
Download Best WordPress Themes Free Download
ZG93bmxvYWQgbHluZGEgY291cnNlIGZyZWU=

Sudah dibaca : 1464 Kali