HAB ke-78, ASN Kemenag Diminta Curahkan Pengabdian kepada Seluruh Umat Beragama

  • Admin Humas
  • Rabu, 03 Januari 2024
  • 310 Tampilan
blank
Fahrizal Darminto saat menyampaikan sambutan Menag RI pada peringatan HAB yang ke-78 di Kanwil Kemenag Provinsi Lampung

Bandar Lampung (Humas UIN RIL) – Sivitas Akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) mengikuti puncak apel peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) yang ke-78 Kementerian Agama (Kemenag) RI yang berlangsung secara khidmat dan berpusat di halaman Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Lampung, Rabu (03/01/2024).

Pada kesempatan ini, bertindak sebagai inspektur apel, Gubernur Lampung yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Fahrizal Darminto, membacakan sambutan Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam sambutan itu disampaikan bahwa Hari Amal Bhakti bukan hanya sebuah nama, tetapi di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kepada seluruh umat beragama.

Pada momentum HAB ke-78 Kementerian Agama ini, Menag mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk mewujudkan birokrasi yang melayani serta meningkatkan spirit layanan kepada seluruh umat beragama. 

“Indonesia Hebat Bersama Umat adalah tema yang kita usung pada HAB ke-78 ini. Ini bermakna bahwa kita harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat,” ujar Menag yang disampaikan oleh Sekdaprov.

Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama.

“Jadikan pelayanan umat ini sebagai “panggilan hati” bukan semata kewajiban birokrasi,” tuturnya.

Kemudian, menghadapi tahun politik, Menag mengajak ASN Kemenag untuk senantiasa menjaga netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan.

“Dengan balutan netralitas itu, saya meminta kepada ASN Kementerian Agama untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat. Mari kita kawal pemilihan umum ini dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan. Kampanyekan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas karena madharat-nya sangat besar dan dapat berujung pada disintegrasi bangsa. Jadikan pemilihan umum sebagai agenda yang penuh riang gembira dan suka cita,” terangnya.

Ia menambahkan, program reguler dan tujuh program prioritas Kementerian Agama juga telah memiliki hasil, seperti moderasi beragama telah menjadi nafas dalam setiap derap langkah insan beragama.

Di tempat yang sama, Rektor UIN Raden Intan Lampung (RIL), Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD mengatakan, UIN RIL juga berupaya ikut terlibat aktif dalam membantu menyukseskan program reguler dan tujuh program prioritas Kementerian Agama. UIN memiliki cita-cita tinggi dengan terus berinovasi. 

“Tahun 2022 dan 2023 UIN Raden Intan Lampung dan Kementerian Agama telah mengukir sejumlah prestasi dan apresiasi dari berbagai pihak, semoga di tahun 2024 terus meningkatkan kerja-kerjanya demi terwujudnya Indonesia Hebat Bersama Umat,” ucap Rektor.

Apel diikuti oleh unsur pimpinan, dosen dan tendik UIN Raden Intan serta Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, Kepala Kemenag Kota Bandar Lampung, Forkopimda Provinsi Lampung, Dinas Instansi terkait, Purnabakti Kemenag, Pimpinan Majelis Agama, Ketua FKUB, Baznas, BWI, Pimpinan Bank, Dharma Wanita Persatuan (DWP), MAN 1 Bandar Lampung, MAN 2 Bandar Lampung 1, MTsN 1 Bandar Lampung, MTsN 2 Bandar Lampung, gabungan MIN Bandar Lampung, Gabungan KUA, dan Loka Diklat.

Selain apel, rangkaian pucak peringatan HAB juga dilakukan santunan anak yatim, bakti sosial rumah ibadah, serta dimeriahkan dengan lomba kreasi tumpeng oleh satker Kemenag Provinsi Lampung. (An/AH)