Hadapi Problematika Remaja Dengan Penguatan Pendidikan Karakter

  • Admin Humas
  • Selasa, 07 April 2020
  • 2217 Tampilan
blank
Proses Ujian Promosi Doktor (S3) UIN ke-106.

Problematika remaja yang mengarah pada degradasi moral membuat prihatin banyak pihak seperti orang tua, masyarakat dan pemerintah. Dalam menghadapi problematika ini perlu pengelolaan penguatan pendidikan karakter (PPK) untuk anak didik.

Hal ini disampaikan oleh Mahfud pada ujian promosi doktor Program Pascasarjana (PPs) UIN Raden Intan Lampung, Selasa (7/4/2020). Dalam masa social distancing, PPs UIN menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dalam pelaksanaan ujian.

Promovendus memaparkan hasil disertasinya yang berjudul berjudul Pengelolaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Pada Pondok Pesantren Al Muhsin Kota Metro.

Mahfud menyampaikan tujuan penelitian yaitu untuk melihat dan mengetahui pengelolaan PPK yang ada di pondok pesantren tersebut berbasis kelas, budaya dan masyarakat.

Temuan dari penelitian ini diantaranya pertama, pengelolaan PPK berbasis kelas cukup baik dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter mulai dari religius, nasionalis, integritas, gotong royong dan kemandirian pada pengajarannya. Kemudian mengembangkan muatan lokal sesuai dengan kebutuhan Kota Metro sebagai Kota Pendidikan.

Kedua, berkaitan budaya, pendidikan pondok pesantren tersebut dipengaruhi masyarakat setempat yang sederhana, jujur, dan disiplin, serta menekankan ustadz pondok pesantren agar memberikan keteladanan bagi masyarakat di lingkungan sekitar.

Ketiga, berbasis masyarakat, pondok pesantren memperkuat peranan komite (wali santri) sebagai salah satu pemangku kepentingan. Pondok pesantren juga menjalin hubungan yang baik dengan pegiat budaya, seni, dunia usaha dan bidang lain yang dapat mendukung dan mengimplementasikan PPK.

blank
Foto bersama promovendus dengan tim penguji.

Tim penguji ujian promosi ini diketuai oleh Rektor UIN Prof Dr Moh Mukri MAg. Penguji lainnya yakni Dr Jamal Fahri MAg; Prof Dr Wan Jamaluddin MAg; Prof Dr Chairul Anwar MPd; Dr Yetri MPd; dan Prof Dr Siti Patimah MPd, serta Sektretaris tim penguji Dr Koderi MPd.

Dari hasil ujian tersebut, Mahfud meraih gelar Doktor dari PPs UIN yang ke-106 dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam. (NF/HI)