Hadiri Rakernas Kemenag, Rektor UIN RIL: Siap Bangun Sinergi Menuju Indonesia Emas

  • Admin Humas
  • Senin, 05 Februari 2024
  • 263 Tampilan
blank
Rektor UIN RIL (7 dari kanan) bersama pimpinan PTKN se-Indonesia menghadiri Rakernas Kemenag 2024

Semarang (Humas UIN RIL) – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama (Kemenag) yang digelar di Hotel Gumaya Tower, Semarang, Jawa Tengah, pada tanggal 5 hingga 7 Februari 2024.

Rakernas ini mengusung tema, “Transformasi Kementerian Agama, menuju Indonesia Emas 2045”  dengan tujuan untuk mendorong transformasi birokrasi Kemenag yang profesional, akuntabel, dan transparan.

Prof Wan menilai, Rakernas ini bukan hanya menjadi pertemuan tahunan yang dilakukan di lingkup Kementerian Agama, namun juga menjadi momentum untuk membangun sinergi, meningkatkan koordinasi dan inovasi sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan dan pembangunan.

“Maka dari itu dibutuhkan keseriusan dan kesiapan semua lapisan satuan kerja yang ada di Kemenag untuk senantiasa bersinergi dan berkolaborasi dalam mendukung transformasi Kemenag menuju Indonesia Emas 2045,” ucap Prof Wan.

Rakernas diikuti 290 peserta yang hadir secara luring di Semarang diantaranya pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Agama, para Rektor dan Ketua PTKN, serta Kepala Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia.

Selain itu, ada 10.024 satuan kerja (satker) yang mengikuti pembukaan secara daring. Mereka adalah para Kepala Kankemenag Kab/Kota, Kepala Balai/Loka Diklat, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), Kepala Madrasah, serta Kepala Kantor Urusan Agama (KUA).

Rakernas 2024 dibuka secara resmi oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Senin (05/02/2024). Menag berpesan agar setiap Satker mengoptimalkan transformasi digital.

Menyambut hal tersebut, Rektor UIN RIL Prof Wan menuturkan bahwa hal itu selaras dengan apa yang menjadi visi utama UIN Raden Intan Lampung saat ini, salah satunya yaitu digitalisasi. Sehingga, mampu meningkatkan pelayanan publik dan tata kelola birokrasi yang lebih baik.

Dijadwalkan hadir memberi paparan di antaranya, Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas, Wakil Ketua Ombudsman RI Bobby Hamzar Rafinus, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan Amich Alhumami, dan Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan Otorita IKN Mia Amalia. 

Dalam Rakernas ini, para peserta akan membahas berbagai agenda penting, antara lain, evaluasi kinerja Kemenag tahun 2023, penetapan target kinerja Kemenag tahun 2024, pembahasan strategi transformasi birokrasi Kemenag, penguatan moderasi beragama, peningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan dengan digitalisasi. (An/AH)